Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PENAIKAN HARGA BBM: DPR Ingatkan Pemberian BLT Tak Dekat Pemilu

BISNIS.COM JAKARTA—Wakil Ketua DPR Pramono Anung mengatakan bila pemerintah akan memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada masyarakat yang terkena dampak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), seharusnya tidak dilakukan mendekati Pemilu
Ismail Fahmi
Ismail Fahmi - Bisnis.com 16 April 2013  |  14:58 WIB

BISNIS.COM JAKARTA—Wakil Ketua DPR Pramono Anung mengatakan bila pemerintah akan memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada masyarakat yang terkena dampak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), seharusnya tidak dilakukan mendekati Pemilu 2014.

Menurut Pramono, pemberian bantuan tersebut rentan terhadap penyalahgunaan kekuasaan untuk tujuan politik sebagaimana terjadi pada pemilu sebelumnya. Bagaimanapun, ujarnya, pemberian BLT akan menguntungkan pihak berkuasa.

“Dalam praktiknya yang membagikan (BLT) selalu instrumen kekuasaan. Dan dalam praktiknya juga, yang paling diuntungkan adalah pemegang kekuasaan. Kenapa tidak dilakukanketika tidak sedang menghadapi pemilu?,” ujar politisi senior PDI Perjuangan tersebut di Kompleks Parlemen, Selasa (16/4).

Dia menegaskan pemerintah perlu mengkaji lebih dalam soal rencana kenaikan harga BBM agar tidak menjadi polemik berkepanjangan. Kalau kenaikan harga BBM menjadi polemik publik maka dipastikan akan ada pihak-pihak yang mengeruk keuntungan dari polemik tersebut. Namun demikian, Pramono tidak memerinci siapa yang dimaksud memeroleh keuntungan.

Hingga kini, ujar Pramono, DPR belum memperoleh kejelasan soal langkah apa yang akan diambil pemerintah walaupun sudah ada dua skenario alternatif. Menurutnya, kalau pemerintah memberlakukan dua harga maka hal itu akan bisa menimbulkan pasar gelap.

"Pasalnya, begitu ada perbedaan harga maka  orang-orang kaya yang dulu membeli di SPBU maka mereka akan beralih ke penjual BBM eceran di pinggr jalan," tuturnya. (if)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dpr pemilu blt penaikan harga bbm

Sumber : John Andi Oktaveri

Editor : Ismail Fahmi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top