Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KERJA SAMA MERPATI: Gandeng Merlot Aero Untuk Cloud Computing

BISNIS.COM, JAKARTA-- PT Merpati Nusantara Airlines menjalin kerja sama dengan Merlot Aero asal Selandia Baru untuk peningkatan efisiensi operasional dan keselamatan penerbangan melalui teknologi cloud computing atau komputasi awan.Vice Presiden Corporate

BISNIS.COM, JAKARTA-- PT Merpati Nusantara Airlines menjalin kerja sama dengan Merlot Aero asal Selandia Baru untuk peningkatan efisiensi operasional dan keselamatan penerbangan melalui teknologi cloud computing atau komputasi awan.

Vice Presiden Corporate Secretary PT Merpati Nusantara Airlines Herry Saptanto mengatakan kerjasama ini dalam rangka meningkatkan efisiensi operasional dan keselamatan penerbangan, sekaligus memenangi persaingan dalam dunia bisnis penerbangan yang semakin sengit, manajemen Merpati terus melakukan  berbagai upaya dan inovasi yang efisien. Salah satunya menjalin kerjasama dengan Merlot Aero, salah satu perusahaan yang berpengalaman dalam bidang pembuatan dan pengembangan software inovatif serta  pengawasan efisiensi dan keselamatan sektor penerbangan di Asia Pasifik.

“Merpati mendapatkan kepercayaan dari perusahaan terkemuka dunia, kali ini dari  Merlot Aero sebuah perusahaan dari Selandia Baru (New Zealand) dengan kantor cabang di berbagai belahan dunia antara lain Malaysia dan Australia," kata Herry dalam siaran persnya, Senin (1/4/2013).

Dia menjelaskan perusahaan ini  bergerak di bidang pengembangan sofware inovatif untuk mengontrol tingkat efisiensi operasional perusahaan penerbangan, serta keselamatan penerbangan berbasis cloud computing (komputasi awan).

Lebih lanjut Herry menjelaskan, dalam kerjasama tersebut, nantinya  teknologi  operasional penerbangan dan manajemen sistem informasi yang dimiliki Merlot Aero yang didasarkan atas cloud computing akan membantu Merpati dalam mengatur penggunaan keseharian pesawat beserta para crew (kru) nya, sekaligus akan mampu melakukan pengawasan dan laporan pada sistem informasi operasional  perusahaan. Hal ini membantu Merpati untuk tetap disiplin pada peraturan dunia penerbangan, namun tetap dapat mengefisiensikan biaya operasional secara maksimal yakni  pergeseran teknologi  internet dengan menggunakan perangkat lunak, akses data dan penyimpanan yang disampaikan jarak jauh melalui internet daripada melalui  penggunaan server lokal atau server sendiri. "Sehingga ini lebih efisien," tuturnya.

Herry memaparkan dikatakan efisien karena adanya penggunaan infrastruktur bersama. Dalam hal ini Merpati menggunakan infrastruktur atau teknologi,beserta manajemen sistem informasi yang dimiliki Merlot Aero. Namun, Merpati hanya akan membayar atas jasa atau teknologi yang diperlukan saja, bukan keseluruhan manajemen sistem informasi yang dimiliki Merlot Aero. Sebaliknya apabila kebutuhan Merpati tersebut mengharuskan adanya peningkatan  teknologi, yang berarti harus ada penambahan perangkat lunak dan perangkat keras atau hard ware, maka itu akan menjadi tanggungjawab Merlot Aero, bukan tanggung jawab Merpati.

Yang dimaksud dengan teknologi cloud computing yang dimiliki Merlot Aero, adalah solusi berbasis web base. Dengan sistem teknologi ini Merpati sebagai pengguna jasa akan bisa bangun dan berjalan dengan cepat serta terintegrasi. Aksesnya adalah melalui web browser dan penambahan aplikasi yang mobile. Dikombinasikan dengan penggunaan aplikasi  web sosial Merpati, serta dapat berkolaborasi dan berkomunikasi secara tepat waktu saat itu juga.  

"Sistem Merlot Aero akan memberikan  Merpati dengan penghematan yang signifikan berasal dari fleksibilitas solusi, kecepatan penyebaran informasi dan kemampuan untuk memperluas operasi," kata Herry.

Kerjasama ini lanjut Herry Saptanto, melengkapi pengakuan dan kepercayaan yang telah diberikan puluhan bahkan ratusan mitra kerja dan mitra bisnis Merpati baik dari dalam maupun luar negeri, selama ini akan kinerja manajemen dan karyawan Merpati, semakin efisien dan profesional.
(Faa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Others
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper