Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bandara Kuala Namu Akan Bangkitkan Kembali Pariwisata Sumut

BISNIS.COM, MEDAN-Pelaku industri pariwisata Sumatra Utara meyakini operasional Bandara Kuala Namu akan membangkitkan industri pariwisata daerah ini dan mengejar ketertinggalannya dari daerah lain di Tanah Air."Kuala Namu yang dirancang paling megah

BISNIS.COM, MEDAN-Pelaku industri pariwisata Sumatra Utara meyakini operasional Bandara Kuala Namu akan membangkitkan industri pariwisata daerah ini dan mengejar ketertinggalannya dari daerah lain di Tanah Air.

"Kuala Namu yang dirancang paling megah di luar Jawa bakal menggenjot kinerja pariwisata Sumut. Bandara ini bakal menjadi hub internasional, bersaing dengan bandara di Malaysia seperti Kuala Lumpur dan Penang," kata Ketua DPD Asita Sumut Solahuddin Nasution 2013-2018.

Dia berpendapat Kuala Namu International Airport (KNIA) akan mampu mengembalikan kejayaan pariwisata daerah ini yang pernah diraih pada masa dekade 1980-an. “Waktu itu Sumut merupakan salah satu destinasi wisata dengan ikon Danau Toba yang masih eksostik dan bersih. Setelah itu, Sumut sudah tidak masuk lagi menjadi destinasi wisata nasional,” tuturnya.

Mengapa Sumut ditinggalkan para wisatawan?  Menurutnya, ada banyak faktor penyebabnya, a.l. tidak adanya penerbangan langsung Medan-Eropa, kurangnya perhatian pemerintah daerah untuk menata objek wisata, kemitraan antara pelaku wisata dan pemerintah daerah kurang optimal.

"Satu hal penting lagi, cara berpikir dan pola tindak petugas di bandara harus dirubah, jangan seperti sekarang di Bandara Polonia yang kerapkali menyepelekan pengguna jasa bandara. Siapapun dia, tamu adalah raja, harus dilayani dengan maksimal".

Wakil Ketua Bidang Promosi Wisata Asita Sumut CHJ Gultom menambahkan program kerja Asita daerah ini akan difokuskan pada dua hal yakni membenahi pelaku travel dan tiketing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yusran Yunus
Editor : Others
Sumber : Master Sihotang

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper