Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PABRIK PETROKIMIA: RI Jamin Pasokan Gas Untuk Ferrostaal

BISNIS.COM, JAKARTA—Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menjamin pasokan gas bagi pabrik petrokimia Ferrostaal yang akan didirikan Papua Barat.
Yusran Yunus
Yusran Yunus - Bisnis.com 09 Maret 2013  |  10:32 WIB

BISNIS.COM, JAKARTA—Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menjamin pasokan gas bagi pabrik petrokimia Ferrostaal yang akan didirikan Papua Barat.

Hal tersebut dikemukakan Menteri Perindustrian M.S. Hidayat yang ikut serta dalam pertemuan Presiden SBY dengan beberapa pimpinan perusahaan asal Eropa di sela-sela kunjungan kenegaraan ke Jerman dan Hungaria, termasuk perwakilan dari Ferrostaal.

Ferrostaal berencana mendirikan kompleks industri manufaktur petrokimia di Teluk Bintuni, Papua Barat memanfaatkan cadangan gas bumi di lapangan Tangguh.

Hidayat mengungkapkan nilai investasi pendirian pabrik itu mencapai US$1,8 miliar dan akan beroperasi penuh pada 2019.

Kebutuhan gas untuk bahan baku produksi diperkirakan harus tersedia mulai 2017 dengan volume sebanyak 200 juta standar metrik kaki kubik per hari (MMSCFD).

“[Pasokan gas untuk pabrik Ferrostaal] dijamin Presiden," kata Hidayat di bandara Halim Perdanakusuma, Sabtu (9/3/2013).

Komitmen investasi Ferrostaal dituangkan dalam kesepakatan awal (letter of intent) yang ditandatangani oeh Direktur Ferrostaal Klaus Lasker dan Dirjen Basis Industri Manufaktur Kementerian Perindustrian Panggah Susanto di Berlin (4/3/2013).

Pabrik di Teluk Bintuni akan memproduksi propilina dan polipropilina dari gas alam yang diperkirakan bisa mengisi kebutuhan domestik menggantikan impor yang nilainya mencapai US$600 juta per tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

petrokimia papua pabrik

Sumber : Demis Rizky Gosta

Editor : Others

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top