Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

BANJIR SEMARANG: KAI Daops IV Rugi Rp766 juta

SEMARANG – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi IV Semarang mencatatkan kerugian senilai Rp766 juta akibat banjir yang terjadi selama tiga hari di Stasiun Tawang dan sejumlah perlintasan rel.
Donald Banjarnahor
Donald Banjarnahor - Bisnis.com 26 Februari 2013  |  14:27 WIB

SEMARANG – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi IV Semarang mencatatkan kerugian senilai Rp766 juta akibat banjir yang terjadi selama tiga hari di Stasiun Tawang dan sejumlah perlintasan rel.

Surono, Manager Humas KAI Daops IV, mengatakan kerugian tersebut terjadi akibat pembatalan keberangkatan kereta, kompensasi ke penumpang dan pengembalian tiket. “Kerugian yang kami terima memang tidak sedikit akibat banjir tersebut,” ujarnya. Kepada Bisnis, Selasa (26/2/2013).

Dia merinci kerugian tersebut adalah pembatalan keberangkatan kereta Kaligung Mas jurusan Semarang-Tegal  dan kereta Blora Jaya jurusan Semarang-Bojonegoro. “Pembatalan keberangkatan ini meneybabkan kerugian Rp221 juta,” ujarnya.

Selanjutnya adalah kerugian akibat pembayaran kompensasi kepada penumpang yang tertahan (service cost) yang mencapai Rp200 juta. Kerugian ini muncul karena banyak kereta yang terlambat dan pengalihan keberangkatan dan kedatangan Stasiun Tawang ke stasiun Poncol.

Terakhir, adalah kerugian akibat pengembalian tiket yang mencapai Rp345 juta. Kerugian ini diderita KAI karena banyak penumpang yang mengembalikan tiket karena batal berangkat.

Hujan yang mengguyur Semarang dan sekitarnya pada Jumat telah menyebabkan Stasiun Tawang kebanjiran sehingga keberangkatan dan kedatangan penumpang dialihkan ke Stasiun Poncol.

Selain itu, banjir juga menggenangi rel kereta api di lintasan KM 0-600 antara Stasiun Tawang dan Stasiun Alastuwa dengan ketinggian air mencapai 12cm. Banjir ini menyebabkan sejumlah rangkaian kereta harus ditarik oleh lokomotif diesel, karena rel tidak bisa dilewati lokomotif jarak jauh.

Genangan air di Stasiun Tawang baru surut Senin pagi, sementara di lintasan rel surut lebih cepat, yakni pada Minggu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kereta api semarang kai daops iv banjir tawang
Editor : Others
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top