Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

194 Daerah Telah Siap Memungut PBB-P2

JAKARTA—Dari 369 kabupaten/kota yang belum melakukan pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan Perkotaan dan Perdesaan (PBB-P2), baru 52,6% atau 194 daerah yang telah menyiapkan Peraturan Daerah (Perda) PBB-P2. Hartoyo, Direktur Eksensifikasi dan Penilaian

JAKARTA—Dari 369 kabupaten/kota yang belum melakukan pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan Perkotaan dan Perdesaan (PBB-P2), baru 52,6% atau 194 daerah yang telah menyiapkan Peraturan Daerah (Perda) PBB-P2.

Hartoyo, Direktur Eksensifikasi dan Penilaian Direktorat Jenderal Pajak, mengungkapkan 194 daerah tersebut artinya siap melakukan pemungutan PBB-P2 sendiri pada 2014.

“Jadi tinggal tersisa 175 daerah yang belum menyiapkan Perda PBB-P2nya. Biasanya yang menjadi persoalan adalah dinamika di DPRD-nya,” katanya di Gedung Ditjen Pajak, Jumat (8/2).

Hartoyo mengungkapkan sampai dengan awal tahun ini, jumlah daerah yang telah melakukan pungutan PBB-P2 sendiri sebanyak 123 daerah dengan total potensi penerimaan daerah mencapai Rp6,5 triliun.

Adapun, total potensi penerimaan bagi 369 daerah yang belum melaksanakan pemungutan PBB-P2 sendiri sebesar Rp1,5 triliun. Ke-369 daerah itu mencakup daerah yang telah menyiapkan Perda tetapi belum melakukan pemungutan (194 daerah) dan daerah yang belum menyiapkan Perda (175 daerah)

“Daerah yang penerimaan PBB-P2-nya besar telah menyiapkan perdanya lebih awal. Yang kecil [penerimaan PBB-P2] biasanya belakangan atau malah belum sama sekali,” ujar Hartoyo.

Menurutnya, langkah pengalihan pemungutan PBB-P2 ke daerah merupakan upaya pemerintah menerapkan desentralisasi fiskal, di samping meningkatkan pendapatan daerah.
(faa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fahmi Achmad
Editor : Others
Sumber : Hedwi Prihatmoko
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper