Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

ATURAN IMPOR HORTIKULTURA: Mendag, saya belum terima rekomendasi Mentan

JAKARTA -- Menteri Perdagangan Gita Wirjawan akan melakukan pembicaraan dengan Menteri Pertanian terkait pengaturan impor hortikultura untuk 6 bulan ke depan.
- Bisnis.com 30 Januari 2013  |  17:34 WIB

JAKARTA -- Menteri Perdagangan Gita Wirjawan akan melakukan pembicaraan dengan Menteri Pertanian terkait pengaturan impor hortikultura untuk 6 bulan ke depan.

Gita menyampaikan pihaknya menghargai sikap Kementan yang tidak merekomendasikan impor untuk produk hortikultura tertentu seiring musim panen di dalam negeri.

Dia mengaku hingga kini pihaknya belum menerima rekomendasi impor produk hortikultura (RIPH) untuk periode Januari-Juni.

"Nanti saya akan duduk dengan Mentan. Nanti kita musyawarah gimana ini enaknya," katanya di Jakarta, Rabu (30/1/2013).

   

Kemendag, lanjutnya, lebih pada posisi memastikan produk impor yang masuk ke pasar domestik memenuhi prinsip keamanan, kesehatan dan keselamatan lingkungan (K3L).

Pemerintah, kata Gita, juga sedang menyampaikan penjelasan sehubungan dengan pengaduan Amerika Serikat ke Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) mengenai regulasi pengaturan impor hortikultura dan daging di Indonesia.

Saat ini kasus sedang memasuki tahap konsultasi. "Kalau memang posisi kita dipertanyakan, ya kita akan pertanggungjawabkan," ujarnya.

Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kemendag Bachrul Chairi mengatakan pemerintah mempertimbangkan produksi dalam negeri dalam menentukan alokasi impor. (msb)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Sri Mas Sari

Editor : Martin-nonaktif

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top