Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BMAD BAJA LEMBARAN: berpotensi Picu Harga Otomotif

- Bisnis.com 24 Januari 2013  |  19:32 WIB
JAKARTA:  Harga jual produk otomotif nasional berpotensi melonjak jika pemerintah jadi menerapkan bea masuk antidumping (BMAD) atas impor baja gulungan dan lembaran canai dingin. 
 
"Pengenaan BMAD tersebut sudah pasti akan menaikan harga jual produk hilir, produk otomotif," ujar Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM), kepada Bisnis, Kamis (24/1/2013). 
 
Menurutnya, permasalahan di sektor industri baja hilir selama ini adalah masalah bahan baku yang sebagian belum diproduksi di dalam negeri, seperti baja gulungan dan lembaran canai dingin.
 
Importasi menjadi opsi paling logis untuk bisa mendukung kelangsungan usaha di sektor hilir, mengingat harga belinya jauh lebih murah. 
 
"Logikanya kalau bisa beli lebih murah kenapa tidak beli saja. Semntara ada pengusaha domestik, seperti KS [PT Krakatau Steel] yang merasa tidak bisa menjual di sini," ketusnya. 
 
Johnny berharap tindakan pengamanan yang diambil pemerintah tidak membuat harga bahan baku industri otomotif meningkat. 
 
"Kalau bisa beli murah kan semakin banyak produksinya, maka semakin murah [jual produknya] . Keuntungan ini tidak diambil produsen, tapi dinikmati konsumen," tandasnya. 
 
Seperti diketahui, Komite Anti Dumping Indonesia (KADI) mengusulkan pengenaan BMAD atas impor baja gulungan dan lembaran canai dingin (cold rolled coil/sheet) sebesar 5,9%-74%.  (ra) 
 
 
 
 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Rustam-nonaktif

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top