Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

INDUSTRI BAJA: Jaga daya saing butuh kepastian pasokan gas

JAKARTA: Kementerian Perindustrian menilai pemerintah harus menjaga daya saing industri baja dalam negeri dengan memberikan jaminan ketersediaan pasokan gas yang sesuai kebutuhan industri.Dirjen Basis Industri Manufaktur (BIM) Kementerian Perindustrian
News Editor
News Editor - Bisnis.com 23 Januari 2013  |  14:36 WIB

JAKARTA: Kementerian Perindustrian menilai pemerintah harus menjaga daya saing industri baja dalam negeri dengan memberikan jaminan ketersediaan pasokan gas yang sesuai kebutuhan industri.

Dirjen Basis Industri Manufaktur (BIM) Kementerian Perindustrian Panggah Susanto mengatakan saat ini kendala utama yang dihadapi industri baja adalah ketersediaan gas yang dinilai sangat mengkhawatirkan.

"Pemerintah harus menjamin tidak hanya suplai gas, tapi juga harga yang terkendali untuk menjaga daya saing kita. Pemerintah harus menciptakan iklim yang baik dan harga yang sehat untungkan dua belah pihak," katanya, Rabu (23/1).

Sumber daya alam terutama gas yang dimiliki Indonesia sebetulnya berlimpah sehingga gas sebetulnya bisa menjadi alat yang digunakan untuk meningkatkan daya saing industri gas dalam negeri.

"Kita tetap optimistis tahun ini industri baja bisa tumbuh 10% sehingga rata-rata pertumbuhan industri bisa sekitar 7%," lanjut Panggah.

Seperti diketahui, kebutuhan gas bumi untuk total industri saat ini mencapai 2.129,57 mmscfd yang mencakup kebutuhan untuk bahan baku sebesar 1.022 mmcfd dan untuk energi sebesar 1.107,57 mmcfd. Kontrak pengadaan gas tercatat masih di bawah kebutuhan. Bahkan volume kontrak juga masih banyak yang tidak dapat dipenuhi. (arh)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Christine Franciska

Editor : Aprika Rani Hernanda

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top