Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KINERJA PELABUHAN: 94 Unit Kapal Pesiar singgahi wilayah PT Pelindo III

JAKARTA—PT Pelabuhan Indonesia III mencatat pada 2013 sebanyak 94 unit kapal pesiar direncanakan akan mengunjungi wilayah PT Pelabuhan Indonesia III.Humas PT Pelabuhan Indoensia III, Edi Priyanto mengatakan  94 unit kapal pesiar itu direncanakan
News Editor
News Editor - Bisnis.com 20 Januari 2013  |  01:32 WIB

JAKARTA—PT Pelabuhan Indonesia III mencatat pada 2013 sebanyak 94 unit kapal pesiar direncanakan akan mengunjungi wilayah PT Pelabuhan Indonesia III.

Humas PT Pelabuhan Indoensia III, Edi Priyanto mengatakan  94 unit kapal pesiar itu direncanakan singgah pada sejumlah pelabuhan di tujuh Provinsi.

“Tahun 2013 ini sudah ada 94 unit kapal pesiar yang berencana akan masuk ke wilayah Pelindo III,” ujarnya kepada Bisnis, Sabtu, (19/1).

Edi menjelaskan 94 kapal pesiar itu akan mengunjungi sejumlah pelabuhan di  Jawa Timur, Jawa Tengah, Bali, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

Edi menambahkan pada 2013 secara keseluruhan rencana kedatangan kapal pesiar di Indonesia mencapai 305 unit kapal pesiar.

Dia mengungkapkan jumlah kunjungan kapal pesiar  bisa bertambah atau bahkan berkurang tergantung  pihak travel agen. Menurutnya selama 2012  sebanyak 92 kapal pesiar mengunjugi sejumlah pelabuhan di wilayah PT Pelabuhan Indoensia III.

Dia menjelaskan jumlah kunjungan kapal pesiar pada 2011 di wilayah PT Pelindo III hanya  sebanyak 76 kapal pesiar.

Berdasarkan catatan Bisnis, selama 2012 PT Pelindo III memperoleh pendapatan dari kunjungna kapal pesiar sebesar Rp8 miliar.

Pendapatan itu terdiri dari jasa labuh, tambat pandu, tunda, air kapal, penyediaan ponton dan pas penumpang di semua wilayah pelabuhan PT Pelindo III.

Wisatawan yang mengunjungi wilayah PT Pelindo III pada 2012 menggunakan kapal pesiar sebanyak 57.544 orang.

Pelabuhan Benoa Bali masih menjadi tujuan utama bagi kapal pesiar asing selama 2012 karena telah dikunjungi sebanyak 35 kapal pesiar yang membawa 27.523 wisatawan.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, tuturnya, telah menyiapkan 10 pelabuhan yang dapat menerima kedatangan kapal pesiar dalam ukuran besar.

Pelabuhan itu meliputi Pelabuhan Benoa (Bali), Pelabuhan Celukan Bawang (Bali), Pelabuhan Lembar (Nusa Tenggara Barat), Pelabuhan Soekarno Hatta (Makassar Sulawesi Selatan), Pelabuhan Tanjung Tembaga (Probolinggo Jawa Timur).

Lalu Pelabuhan Sabang (Aceh), Pelabuhan Tanah Ampo (Bali), Pelabuhan Tanjung Emas (Semarang Jawa Tengah), Pelabuhan Tanjung Perak (Surabaya Jawa Timur) dan Pelabuhan Tanjung Priok (Jakarta).(Bsi)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Henrykus F. Nuwa Wedo

Editor : Bastanul Siregar

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top