Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BANJIR JAKARTA: Pembebasan biaya pembatalan Garuda diperpanjang

JAKARTA- Di hari kedua darurat banjir Jakarta, maskapai Garuda Indonesia kembali memperpanjang kebijakan pembebasan biaya pembatalan dan jadwal ulang terbang bagi penumpang yang terlambat tiba di bandara karena terhalang banjir.
- Bisnis.com 18 Januari 2013  |  20:00 WIB

JAKARTA- Di hari kedua darurat banjir Jakarta, maskapai Garuda Indonesia kembali memperpanjang kebijakan pembebasan biaya pembatalan dan jadwal ulang terbang bagi penumpang yang terlambat tiba di bandara karena terhalang banjir.

VP Corporate Communication Garuda Indonesia Pujobroto mengatakan kebijakan mengenai pembebasan biaya cancellation (pembatalan) dan rebook (jadwal ulang) ini diperpanjang dari sebelumnya hanya sampai Jumat (18/1/2013), menjadi hingga 21 Januari 2013. Garuda Indonesia juga memfasilitasi penumpang yang tertinggal pesawat untuk diterbangkan dengan penerbangan selanjutnya yang tersedia.

"Kebijakan perpanjangan gratis cancellation fee dan rebooking fee ini sebagai bentuk toleransi kami kepada penumpang akibat terhalang banjir di Jakarta dan sekitarnya," kata Pujobroto, Jumat (18/1/2013).

Dia menambahkan, meski demikian penerbangan Garuda hingga kini berjalan normal. Hingga Jumat pukul 16.00 WIB, Garuda Indonesia telah menerbangkan 96 penerbangan dari bandara Soekarno-Hatta, Jakarta, dari total 159 penerbangan hari ini.

"Dari 96 penerbangan tersebut, hanya satu flight yang mengalami keterlambatan selama 1 jam akibat awak pesawat terhalang banjir yaitu GA-180 tujuan Medan yang seharusnya berangkat pukul 05.45 WIB, baru dapat diberangkatkan pada pukul 06.45 WIB," jelas Pujobroto.

Untuk menjamin kelancaran operasional penerbangan, Garuda Indonesia mengimplementasikan contingency plan (rencana darurat) khususnya menyangkut operasional penerbangan, jadwal penugasan dan penjemputan awak pesawat, serta rotasi pesawat. 

Sesuai contingency plan, imbuh Pujobroto, Garuda Indonesia memajukan lebih cepat jadwal penjemputan awak pesawat ke bandara, menyiapkan awak pesawat cadangan di bandara, dan menginapkan awak pesawat yang memiliki jadwal penerbangan terdekat (dalam 24 jam) di hotel–hotel di sekitar bandara.

"Dalam kaitan dengan situasi darurat banjir saat ini, Garuda Indonesia menghimbau para penumpang yang akan melakukan perjalanan dengan Garuda Indonesia agar dapat tiba lebih awal di bandara Soekarno-Hatta, agar tidak tertinggal pesawat dan demi kenyamanan," tuturnya. (msb)
 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Berliana Elisabeth S.

Editor : Martin-nonaktif

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top