Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

ANTISIPASI BANJIR: Daun Pintu Air Manggarai & Karet Ditambah

JAKARTA-Kementerian Pekerjaan Umum akan menambah dua daun pintu air yakni di pintu air Manggarai dan Karet untuk mempercepat penurunan banjir.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 17 Januari 2013  |  19:14 WIB

JAKARTA-Kementerian Pekerjaan Umum akan menambah dua daun pintu air yakni di pintu air Manggarai dan Karet untuk mempercepat penurunan banjir.

 

“Juga akan dilakukan normalisasi sungai Pesanggrahan, Angke dan Sunter,” kata Wakil Menteri PU Hermanto Dardak, hari ini (17/1).

 

Dia menjelaskan pemerintah juga akan mewujudkan program Jakarta Emergency Dredging Initiative (JEDI). Program itu merupakan bantuan Bank Dunia yang bertujuan mengeruk normalisasi sungai dan merehabilitasi sungai di Jakarta.

 

Direktur Sungai dan Pantai Direktorat Jenderal SDA Kementerian PU, Pitoyo Subandrio mengatakan program penanganan banjir itu sudah dilakukan sejak tahun lalu. Pemerintah menargetkan program penambahan daun pintu air dan normalisasi sungai dapat selesai pada 2014.

 

Penambahan daun pintu air di Manggarai akan menambah kapasitas debit air dari semula 350 meter kubik menjadi 500 meter kubik air per detik. Sedangkan penambahan daun pintu air di Karet diharapkan meningkatkan kapasitas debit air dari semula 500 meter kubik menjadi 740 meter kubik per detik.

 

Pitoyo menjelaskan pemerintah tengah berupaya menormalisasi sungai Ciliwung. Normalisasi Ciliwung itu baru dapat dilakukan setelah pemerintah membangun rumah susun untuk warga di bantaran sungai Ciliwung.

 

“Jika seluruh kegiatan itu berhasil dilakukan maka daya tampung sungai Jakarta akan bertambah dan aliran sungai menjadi lancar sehingga tidak menggenangi wilayah Ibu Kota,” tuturnya. (27/yus)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Thomas Mola

Editor : Yusran-nonaktif

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top