Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BLOK MAHAKAM: Total E&P Siap Lanjutkan Pengelolaan Dengan Berbagai Skema

BALIKPAPAN--Total E&P Indonesie siap untuk melanjutkan kembali sebagai operator di Blok Mahakam yang kontraknya akan habis pada 2017 mendatang.Arividya Noviyanto, VP Human Resources, General Services & Audir, and Corporate Communication Total

BALIKPAPAN--Total E&P Indonesie siap untuk melanjutkan kembali sebagai operator di Blok Mahakam yang kontraknya akan habis pada 2017 mendatang.

Arividya Noviyanto, VP Human Resources, General Services & Audir, and Corporate Communication Total E&P Indonesie, mengatakan pihaknya siap untuk melanjutkan pengelolaan Blok Mahakam baik dengan menjalankan skema yang telah ada ataupun bekerja sama dengan Pertamina.

"Kami mengikuti apapun keputusan pemerintah karena kami hanya sebagai pelaksana di lapangan," ujarnya, Kamis (17/01).

Menurutnya, Total E&P Indonesia pernah menawarkan beberapa skema yang mungkin bisa disepakati dalam pengelolaan Blok Mahakam. Opsi pembaruan kontrak, seperti yang selama ini dilakukan bersama dengan Inpex, menjadi skema awal yang ditawarkan.

Selanjutnya, skema saham sebesar masing-masing sebesar 33% bagi Total dan Inpex, serta 34% bagi Pertamina menjadi opsi yang juga pernah ditawarkan. "Kemudian ada juga usulan kalau Pertamina yang mendapat 51% serta Total dan Inpex mendapat 49%. Namun, masih belum disepakati hingga saat ini," tukasnya.

Adapun mengenai kerja sama dengan pemerintah daerah, pihaknya juga menyerahkan sepenuhnya pada kebijakan pemerintah.

Sebelumnya, Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak mengaku ingin memperoleh hak pengelolaan Blok Mahakam melalui participating interest sebesar 10%.

Pemprov Kaltim bahkan telah membentuk Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) guna bekerja sama dengan Pertamina dalam pengelolaan blok tersebut. (if)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Ismail Fahmi
Sumber : Rachmad Subiyanto

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper