Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PROYEK AIR BERSIH: Butuh restrukturisasi, utang PDAM capai Rp4,3 triliun

JAKARTA: Pemerintah berupaya agar perusahaan air minum daerah (PDAM) yang bermasalah dan sakit supaya direstrukturisasi.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 16 Januari 2013  |  04:18 WIB

JAKARTA: Pemerintah berupaya agar perusahaan air minum daerah (PDAM) yang bermasalah dan sakit supaya direstrukturisasi.


Dirjen Cipta Karya Kementerian PU Budi Yuwono mengungkapkan terdapat 175 PDAM yang menunggak utangnya dengan nilai Rp4,3 triliun. Perusahaan itu diberi kesempatan untuk restrukturisasi.


Namun terdapat 72 perusahaan daerah air minum (PDAM) yang sedang sakit tetapi tidak mengajukan permintaan untuk merestrukrisasi utangnya.


“Tujuan restrukturisasi ialah untuk menyehatkan PDAM, ya mereka belum mengajukan permohonan. Kita tidak bisa memaksa" ujarnya, Selasa (15/1/2013)


Budi menjelaskan restrukturisasi 72 PDAM tersebut dapat mengembalikan kondisi perusahaan air minum menjadi sehat. Dengan begitu bisa memberikan layanan air baku dan air minum kepada masyarakat.


"Ada faktor politis yang membuat PDAM itu tidak mau mengajukan restrukturisasi, terutama terkait masalah tarif," papar dia.


Masalah tarif, menurut Budi, tidak perlu melibatkan Dewan Perwakilan Rakyat tetapi cukup disetujui oleh kepala daerah. Menurutnya tarif air minum harus ditetapkan lebih dari harga produksi sehingga perusahaan bisa sehat. (arh)



 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Thomas Mola

Editor : Aprika Rani Hernanda

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top