Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BAJA LEMBARAN: Bea masuk selamatkan industri lokal

JAKARTA: Rencana pengenaan bea masuk tambahan di atas 60% bagi impor produk baja lembaran canai dingin atau cold rolled coil/sheet impor diyakini akan menyelamatkan industri baja nasional dari sistem perdagangan yang tidak sehat.Irvan Kamal Hakim, Direktur
- Bisnis.com 16 Januari 2013  |  20:17 WIB

JAKARTA: Rencana pengenaan bea masuk tambahan di atas 60% bagi impor produk baja lembaran canai dingin atau cold rolled coil/sheet impor diyakini akan menyelamatkan industri baja nasional dari sistem perdagangan yang tidak sehat.

Irvan Kamal Hakim, Direktur Utama PT Krakatau Steel Tbk, mengatakan pengenaan bea masuk itu diharapkan dapat mengurangi kerugian yang selama ini dialami perusahaan baja lokal.

"Dumping menjawab adanya tindakan perdagangan yang tidak fair untuk melindungi pengusaha lokal dari berbagai bentuk ketidakadilan seperti menjual dengan harga di bawah biaya produksi, jual lebih murah dari ekspor," katanya, Rabu (16/1/2013).

Menurutnya, kasus dumping tidak ada hubungan dengan kemampuan suplai produk baja di dalam negeri, tetapi lebih kepada keterkaitan dengan perdagangan sehat dan sesuai dengan aturan yang ditetapkan WTO.
 
Dia mengatakan ketidakmampuan memenuhi pasokan baja di dalam negeri tidak dapat di atasi dengan adanya kebijakan tersebut, melainkan melalui penambahan kapasitas produksi dan peningkatan kualitas.

"Apabila pengusaha tidak mampu memberi suplai, jawabannya bukan melalui mekanisme ini," katanya.  (ra)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Rustam-nonaktif

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top