Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BAJA LEMBARAN: Bea masuk selamatkan industri lokal

JAKARTA: Rencana pengenaan bea masuk tambahan di atas 60% bagi impor produk baja lembaran canai dingin atau cold rolled coil/sheet impor diyakini akan menyelamatkan industri baja nasional dari sistem perdagangan yang tidak sehat.Irvan Kamal Hakim, Direktur

JAKARTA: Rencana pengenaan bea masuk tambahan di atas 60% bagi impor produk baja lembaran canai dingin atau cold rolled coil/sheet impor diyakini akan menyelamatkan industri baja nasional dari sistem perdagangan yang tidak sehat.

Irvan Kamal Hakim, Direktur Utama PT Krakatau Steel Tbk, mengatakan pengenaan bea masuk itu diharapkan dapat mengurangi kerugian yang selama ini dialami perusahaan baja lokal.

"Dumping menjawab adanya tindakan perdagangan yang tidak fair untuk melindungi pengusaha lokal dari berbagai bentuk ketidakadilan seperti menjual dengan harga di bawah biaya produksi, jual lebih murah dari ekspor," katanya, Rabu (16/1/2013).

Menurutnya, kasus dumping tidak ada hubungan dengan kemampuan suplai produk baja di dalam negeri, tetapi lebih kepada keterkaitan dengan perdagangan sehat dan sesuai dengan aturan yang ditetapkan WTO.
 
Dia mengatakan ketidakmampuan memenuhi pasokan baja di dalam negeri tidak dapat di atasi dengan adanya kebijakan tersebut, melainkan melalui penambahan kapasitas produksi dan peningkatan kualitas.

"Apabila pengusaha tidak mampu memberi suplai, jawabannya bukan melalui mekanisme ini," katanya.  (ra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis :
Editor : Rustam-nonaktif

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper