Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

EKSPANSI AQUA TERGANJAL: Izin Eksplorasi Air Di Bali Dicabut

DENPASAR--Pemerintah Kabupaten Karangasem, Bali, mencabut izin eksplorasi air bawah tanah PT Tirta Investama, produsen air minum dalam kemasan merek Aqua,  di Desa Adat Peladung untuk merespons desakan Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi).Respons

DENPASAR--Pemerintah Kabupaten Karangasem, Bali, mencabut izin eksplorasi air bawah tanah PT Tirta Investama, produsen air minum dalam kemasan merek Aqua,  di Desa Adat Peladung untuk merespons desakan Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi).

"Respons masyarakat cukup negatif terhadap aktivitas itu dan demi menjaga kelestarian lingkungan hidup, maka mulai saat ini izin eksplorasi kami nyatakan dicabut," kata Wakil Bupati Karangasem I Made Sukerana dalam keterangan pers tertulisnya di Denpasar, Selasa (15/1)

Ia mengemukakan bahwa izin eksplorasi yang diberikan kepada Tirta Investama di lahan di bawah koordinasi Subak Bungbung, Desa Adat Peladung, Kecamatan Karangasem, itu sebenarnya untuk kepentingan masyarakat.

"Investor ingin mengetahui kadar air di lokasi itu bukan untuk esploitasi sumber air bersih guna kepentingan bisnis. Sebelum dikeluarkan surat izin Bupati Karangasem Nomor 01/2012 tertanggal 9 Oktober 2012, kami juga mempertimbangkan dukungan sejumlah tokoh masyarakat setempat," katanya.

Menurut Wabup, proses eksplorasi itu juga belum menghasilkan apa-apa karena baru dalam taraf pengeboran untuk menemukan sampel air di dua titik di Desa Adat Peladung.

Dengan dicabutnya izin itu, maka pihak Tirta Investama telah menghentikan aktivitas eksplorasi di desa tersebut. "Kalau masyarakat menolak, maka pemerintah pun menghormatinya dan tidak akan meneruskan upaya tersebut."

Sukerana mengakui bahwa sebagian masyarakat Kabupaten Karangasem selama ini sering kali mengalami kekurangan air bersih sehingga tidak mungkin pihaknya menjual sumber penghidupan utama itu kepada pihak investor. (Antara/if)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Ismail Fahmi
Sumber : Newswires

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper