Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PERLINDUNGAN KONSUMEN: Keluhan Bisa Disampaikan Secara Online

JAKARTA--Kementerian Perdagangan merilis Sistem Pengawasan Perlindungan Konsumen (Siswas-PK) dan Layanan Informasi Perlindungan Konsumen untuk memudahkan pengaduan keluhan dari konsumen secara online.Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mengatakan kedua
Ismail Fahmi
Ismail Fahmi - Bisnis.com 16 Januari 2013  |  13:41 WIB

JAKARTA--Kementerian Perdagangan merilis Sistem Pengawasan Perlindungan Konsumen (Siswas-PK) dan Layanan Informasi Perlindungan Konsumen untuk memudahkan pengaduan keluhan dari konsumen secara online.

Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mengatakan kedua sistem ini memiliki jaringan pengaduan di 33 provinsi yang dapat diakses langsung melalui jaringan internet siswaspk.kemendag.go.id.

"Pengembangan Siswas-PK menjadi akses sarana konsumen menyalurkan pendapat dan keluhannya terhadap barang dan jasa yang tidak sesuai janji pelaku usaha," katanya di Jakarta, Rabu (16/1).

Dalam kurun 5 tahun terakhir, jumlah pengaduan yang ditangani institusi perlindungan konsumen mencapai 1.255 kasus oleh Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK), 2.922 kasus oleh Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat (LPKSM) dan 551 kasus oleh Direktorat Pemberdayaan Konsumen Kemendag.

Sementara, layanan informasi perlindungan konsumen antara lain mencakup daftar produk wajib SNI, wajib label berbahasa Indonesia, wajib dilengkapi manual dan kartu garansi dalam bahasa Indonesia dan kiat konsumen cerdas. (if)

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Ismail Fahmi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top