Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HARGA KEDELAI: Harga pembelian segera dipatok

JAKARTA – Pemerintah segera menggulirkan kebijakan harga pembelian dan penjualan pemerintah untuk kedelai sehingga dapat memacu petani untuk menanam komoditas pangan itu.Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mengatakan instruksi presiden (Inpres) mengenai

JAKARTA – Pemerintah segera menggulirkan kebijakan harga pembelian dan penjualan pemerintah untuk kedelai sehingga dapat memacu petani untuk menanam komoditas pangan itu.Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mengatakan instruksi presiden (Inpres) mengenai HPP kedelai akan diterbitkan pada Januari 2013.“Wamen (Wakil Menteri Perdagangan) dan Dirjen Perdagangan Dalam Negeri sedang ada persiapan. Inpres akan keluar. HPP ini kan kita mulai ngomong tiga bulan lalu. Mudah-mudahan bulan Januari,” katanya di Jakarta, Kamis (27/12).Dengan HPP, lanjutnya, produktivitas kedelai diharapkan meningkat dari 1-1,2 juta ton per hektare saat ini menjadi 3,5 juta ton per hektare sehingga Indonesia tidak perlu bergantung pada impor.Namun, Gita belum dapat menyebutkan besaran HPP tersebut. Sebelumnya, Gabungan Koperasi Produsen Tempe Tahu Indonesia (Gakoptindo) mengusulkan harga penjualan pemerintah sebesar Rp7.000 per kg.Gagasan mengenai HPP kedelai mulai dimunculkan saat harga bahan baku tempe itu di pasar domestik melejit hingga Rp8.000 per kg pada Juli menyusul lonjakan harga di pasar internasional.Kenaikan itu dipicu oleh isu kekeringan di Amerika Serikat, produsen kedelai yang memasok di atas 80% konsumsi dunia. Sementara, 2,09 juta ton atau 71% dari total kebutuhan Indonesia pada 2011 harus diimpor. (08/Bsi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper