Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

INDUSTRI SEMEN: 2 Pabrik baru beroperasi 2013

LEBAK-- Dua pabrik semen di Kabupaten Lebak, Banten, mulai beroperasi pada 2013 sehingga dapat memberikan kontribusi sekitar Rp60 miliar per tahun bagi pendapatan asli daerah.Kedua pabrik semen itu nilai investasinya mencapai triliunan rupiah,

LEBAK-- Dua pabrik semen di Kabupaten Lebak, Banten, mulai beroperasi pada 2013 sehingga dapat memberikan kontribusi sekitar Rp60 miliar per tahun bagi pendapatan asli daerah."Kedua pabrik semen itu nilai investasinya mencapai triliunan rupiah," kata Kepala Seksi Penanaman Modal Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Lebak Agianto Ahmad Tahir di Rangkasbitung, Minggu.Ia mengatakan, pabrik semen tersebut berlokasi di Kecamatan Bayah dan Cilograng karena di daerah itu terdapat bahan-bahan tambang semen.Kedua pabrik semen yang beroperasi pada 2013 PT Gama Group dan PT Balindo.Saat ini proses perizinan pabrik semen sudah dikeluarkan pemerintah daerah. Bahkan, mereka investor sedang direalisasikan pembangunan pabrik tersebut.Kehadiran pabrik semen itu tentu berdampak positif terhadap pendapatan asli daerah (PAD) juga bisa menyerap ribuan karyawan atau tenaga kerja lokal. "Saya yakin pabrik semen ini dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat," katanya.Kepala Bidang Enginering PT Gama Grup Handy menjelaskan pihaknya akan beroperasi pabrik semen 2013 dengan produksi sekitar empat juta ton per tahun.Bahkan, pabrik semen ini masuk kategori terbesar di Indonesia. Sebab kapasitas satu unit linker dapat menampung sebanyak 9.000 ton bahan baku semen.Produksi bahan baku semen dengan menggunakan batu kapur dan tanah liat di Kecamatan Bayah dan Cilograng melimpah. "Kami optimistis bisa memenuhi kebutuhan semen di pasar domistik," katanya.(Antara/msb)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Newswire

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper