SNMPTN 2013: Jalur Undangan Di Unibraw Capai 50%

MALANG--Pada 2013 Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) di Universitas Brawijaya (UB) Malang yang melalui jalur undangan mencapai 50%. 
News Editor | 24 Desember 2012 17:09 WIB

MALANG--Pada 2013 Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) di Universitas Brawijaya (UB) Malang yang melalui jalur undangan mencapai 50%. 

Rektor UB Malang Prof. Yogi Sugito mengatakan sisanya diseleksi melalui jalur tulis. Dari 50% jalur ujian tulis tersebut sebanyak 30% diantaranya dilaksanakan melalui seleksi bersama sedangkan 20% lainnya melalui jalur mandiri.

 “Karena itu setiap kepala sekolah sebaiknya dapat memberikan informasi dan strategi yang jelas kepada siswanya agar dapat lolos seleksi baik melalui ujian tulis maupun non tulis,” kata Yogi di Malang, Sabtu (22/12)

Menurutnya, pada umumnya siswa hanya memikirkan gengsi terhadap program studi (prodi) tertentu tanpa melihat prospek, persaingan, maupun kemampuan dirinya.Belum tentu program studi yang pada umumnya dianggap tidak bergengsi tidak memiliki prospek yang bagus. Disinilah peran kepala sekolah sangat dibutuhkan.

Kepala sekolah ujar dia sebaiknya dapat memberi pengertian dan informasi yang jelas kepada siswa meskipun dapat dikatakan sulit. Sebagai contoh pada umumnya siswa menganggap program studi dari agrokomplek kurang bergengsi sehingga banyak siswa yang kurang berminat.

“Padahal di masa mendatang program studi tersebut memiliki prospek yang bagus karena negara yang kuat dalam agrokompleklah yang akan diperhitungkan oleh bangsa lain,” jelasnya. (k25/if)

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Mohammad Sofi`i

Editor : Wan Ulfa Nur Zuhra

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup