Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RUMPUT LAUT: Budi Daya Di Ternate Terhenti Sejak 2011

JAKARTA: Produksi rumput laut kering di Ternate, Maluku Utara terheni akibat ketiadaan pasokan bibit.Syalahuddin, petani rumput laut asal Ternate, menyebut terhentinya pasokan bibit sudah berlangsung hampir 1 tahun.Budi daya rumput laut sudah terhenti

JAKARTA: Produksi rumput laut kering di Ternate, Maluku Utara terheni akibat ketiadaan pasokan bibit.Syalahuddin, petani rumput laut asal Ternate, menyebut terhentinya pasokan bibit sudah berlangsung hampir 1 tahun."Budi daya rumput laut sudah terhenti hampir setahun. Pemerintah Daerah juga mengaku kesulitan mencari bibit," ujarnya saat dihubungi Bisnis, Senin (17/12/2012).Syalahuddin menambahkan saat ini hanya 1 titik budidaya rumput laut yang masih beroperasi dari 4 titik yang ada. Adapun 1 titik yang masih beroperasi mendapatkan pasokan bibit dari Maluku Utara."Di Ternate tidak ada pembudidaya bibit sehingga harus ambil ke ke daerah lain yang letaknya jauh. Ongkosnya jadi mahal," imbuhnya.Ketiadaan pasokan bibit, lanjutnya, harusnya tidak terjadi mengingat penduduk sekitar banyak yang menggantungkan hidup dari budidaya rumput laut. Walhasil, banyak petani yang memilih banting setir menjadi nelayan tradisional."Sekarang banyak yang pilih jadi nelayan tradisional dengan mencari ikan sidat. Ada juga yang yang jadi petani kelapa" jelasnya.Syalahuddin berharap Pemerintah Daerah bisa membangun sentra pembibitan rumput laut di Ternate agar para petani bisa kembali beroperasi. Potensi budidaya rumput laut di Ternate, lanjutnya, cukup besar merujuk produksi yang selalu habis terserap oleh pasar.Pemerintah Daerah, lanjutnya, bisa juga memaksimalkan potensi perikanan yang ada di Ternate."Pemerintah Daerah harusnya bisa menyusun program yang terencana sehingga produksi rumput laut tidak terhenti. Ada juga potensi ikan sidat yang bisa dikembangkan karena disini banyak sungai," ujarnya.Syalahuddin menambahkan pemerintah dan swasta harus lebih aktif melibatkan masyarakat. Menurutnya, selama ini petani hanya diperlakukan sebagai pemasok bahan baku sehingga kegiatan kelautan dan perikanan di Ternate tidak berkembang. (bas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper