Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

DAHLAN ISKAN dorong BUMN cari pembiayaan club deal

JAKARTA: Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan mendorong perusahaan pelat merah melakukan skema club deal untuk membiayai proyek yang akan dikerjakan. 
Muhamad Arsyad Paripurna
Muhamad Arsyad Paripurna - Bisnis.com 15 Desember 2012  |  05:07 WIB

JAKARTA: Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan mendorong perusahaan pelat merah melakukan skema club deal untuk membiayai proyek yang akan dikerjakan. 

 
Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan menuturkan skema pembiayaan itu dinilai sangat cocok untuk mendorong pertumbuhan perusahaan. 
 
Saat ini, ujar Dahlan, skema pembiayaan club deal sering dilakukan perusahaan swasta berskala besar. 
 
Sementara itu, sejumlah BUMN dinilai belum berani melakukan langkah tersebut karena mempertimbangkan beberapa faktor. 
 
"Kami sedang melakukan perencanaan keuangan melalui skema club deal. Ini biasanya dilakukan swasta besar," ujarnya katanya.
 
Dahlan mengatakan ha itu  di sela-sela penandatanganan kontrak proyek Pusri II-B antara PT Pupuk Sriwidjaja dan konsorsium PT Rekayasa Industri dan Toyo Engineering Corporation di Kantor Pusri Perwakilan Jakarta, Jumat malam (14/12/2012). 
 
Untuk itu,dia sangat mengapresiasi langkah PT Pupuk Sriwidjaja Palembang dalam pembangunan pabrik Pusri II-B yang didukung melalui skema club deal. 
 
Proyek senilai US$561 juta tersebut didukung 7 bank lokal dan asing sebagai kreditur, yakni BCA, BNI, BRI, Bank Mandiri, Bank BJB, Bank Sumsel-Babel, dan Bank UOB Indonesia. 
 
Untuk itu, kata Dahlan, langkah dari Pupuk Sriwidjaja Palembang itu akan ditularkan kepada BUMN yang lain untuk mendukung pengembangan bisnis masing-masing. 
 
"BUMN yang lain harus memasuki level itu [club deal]. Jangan konsorsium mulu. Memang, club deal itu tidak mudah. Saya sangat mengapresiasi langkah Pusri ini," tegasnya.  (ra)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Basilius Triharyanto

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top