Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BUAH LOKAL: Minim Produktivitas, Harga Jadi Tak Kompetitif

JAKARTA--Minimnya produktivitas dinilai menjadi penyebab tidak kompetitifnya harga buah lokal  dibandingkan dengan produk buah impor.Kafi Kurnia, Ketua Asosiasi Eksportir–Importir Buah dan Sayur Segar Indonesia mengatakan produksi buah nasional

JAKARTA--Minimnya produktivitas dinilai menjadi penyebab tidak kompetitifnya harga buah lokal  dibandingkan dengan produk buah impor.Kafi Kurnia, Ketua Asosiasi Eksportir–Importir Buah dan Sayur Segar Indonesia mengatakan produksi buah nasional masih berrgantung pada petani kecil yang terpencar-pencar."Belum banyak perkebunan komersial dalam negeri yang mampu mensuplai buah dalam jumlah besar. Akibatnya, produk buah unggulan harganya cenderung tinggi dibandingkan dengan buah impor," ujarnya, Rabu (12/12).Minimnya produktivitas, lanjutnya, juga disebabkan oleh semakin sempitnya lahan perkebunan buah. Menurutnya, ketiadaan insentif dan dukungan pemerintah menjadi penyebab massifnya alih guna lahan perkebunan buah.Di sisi lain, pemodal yang berminat untuk berinvestasi di perkebunan buah semakin sulit mencari lahan yang cocok. Kalaupun ada, harganya terlampau tinggi."Tidak banyak daerah yang cocok untuk perkebunan buah. Di Jawa misalnya, kalaupun ada harga per meternya sudah terlampau tinggi," jelasnya.Kafi menjelaskan dataran tinggi merupakan lokasi yang cocok untuk perkebunan buah. Buah dengan kualitas baik, ujarnya, dihasilkan di daerah dengan kondisi panas di siang hari dan dingin di malam hari. (if) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Erly Rusiawati

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper