Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PERTUMBUHAN EKONOMI: Tahun ini Lebih Rendah 0,3% Dari Tahun Lalu

JAKARTA—Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal IV/2012 hanya sekitar 6,2%.
Nancy Junita - nonaktif
Nancy Junita - nonaktif - Bisnis.com 11 Desember 2012  |  21:13 WIB

JAKARTA—Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal IV/2012 hanya sekitar 6,2%.

Dengan pertumbuhan Kuartal IV/2012  sebesar itu,  berarti pertumbuhan ekonomi Indonesia secara keseluruhan sepanjang 2012  hanya  6,3%. Prediksi pertumbuhan ekonomi tadi berarti lebih rendah 0,3% dari pertumbuhan ekonomi 2011 yang tercatat 6,5%.

BI menyebutkan pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini terutama ditopang oleh kuatnya permintaan domestik dan investasi. Di sisi lain,  kinerja ekspor masih akan tetap berlanjut.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini tergolong cukup baik jika mempertimbangkan kondisi perekonomian global yang masih buruk.  Bank sentral memperkirakan perekonomian dunia 2012 akan lebih lambat dibandingkan dengan 2011.

Perlambatan perekonomian dunia terutama disumbangkan oleh perekonomian Eropa yang mengalami kontraksi terkait dengan berlarut-larutnya penyelesaian krisis di Benua Biru.

Sementara itu, negara-negara emerging market seperti China dan India juga diperkirakan mengalami perlambatan pertumbuhan ekonomi sehingga ikut menyumbang perlambatan pertumbuhan ekonomi global.

Namun, pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat (AS) diperkirakan cukup baik di tengah kekhawatiran AS terhadap jurang fiskal [fiscal cliff].

Bank Indonesia memperkirakan perekonomian dunia baru akan tumbuh lebih tinggi pada 2013 dan 2014 yang ditandai dengan membaiknya harga komoditas dunia.

BI  sampai saat ini akan tetap mempertahankan BI Rate sebesar 5,75% dengan pertimbangan bahwa angka tersebut masih konsisten dengan tekanan inflasi yang rendah dan terkendali. Kebijakan itu dinilai masih sesuai dengan sasaran inflasi 2013 dan 2014 yang sebesar 4,5% ± 1%. (if)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Wan Ulfa Nur Zuhra

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top