Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PERLINDUNGAN PEKERJA Perlu Dukungan Strategis dari Pemda

JAKARTA— Dukungan pemerintah daerah (pemda) sangat strategis dalam menjamin pekerja/buruh mendapatkan hak dasar atau normatif terhadap risiko kerja, seperti kecelakaan kerja, kematian dan jaminan hari tua.
Jessica Nova
Jessica Nova - Bisnis.com 11 Desember 2012  |  13:08 WIB

JAKARTA— Dukungan pemerintah daerah (pemda) sangat strategis dalam menjamin pekerja/buruh mendapatkan hak dasar atau normatif terhadap risiko kerja, seperti kecelakaan kerja, kematian dan jaminan hari tua.

Menurut Direktur Perencanaan Pengembangan, dan Teknologi Informasi PT Jamsostek Agus Supriyadi, peranan pemerintah daerah (pemda) itu dapat dengan berbagai cara, di antaranya melalui peraturan daerah yang mendukung pelayanan jaminan sosial yang ada.

“Dengan semakin banyaknya pemda mendukung pekerja/buruh dalam mendapatkan hak dasar berupa jaminan sosial maka secara tidak langsung membantu meningkatkan kesejahteraan mereka,” ujarnya hari ini, Selasa (11/12/2012).

Selain itu, Agus menyatakan pihaknya memberikan penghargaan bagi pemda yang memiliki peranan besar dalam mendukung program jaminan sosial di wilayahnya, yakni berupa Jamsostek Award.

Menurut Kepala Kantor Wilayah PT Jamsostek Jabar dan Banten Teguh Purwanto, penghargaan kepada pemda merupakan terobosan dan memiliki nilai strategis untuk mengembangkan program jaminan sosial.

Penilaian untuk penghargaan itu, lanjutnya, tidak sekedar menilai tapi juga sesuai dengan komitmen, perangkat peraturan pendukung, dan pelaksanaan dari peraturan itu di tingkat daerah.

Contohnya, Kota Bandung meraih peringkat pertama Jamsostek Jabar Award 2012 untuk kategori kabupaten/kota, sedangkan peringkat dua dan tiga diraih Kabupaten Karawang dan Kota Cimahi.

Untuk di Jawa Tengah, sebagai tim koordinasi fungsional kategori pemerintah kabupaten/kota yang meraih Jamsostek Award 2012 di peringkat kesatu adalah Kota Semarang, di susul Kabupaten Temanggung dan Pati. (sut)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top