Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TENDER PENGELOLA SURAMADUDokumen penawaran Jasa Marga difinalisasi

 

 

JAKARTA: Kementerian Pekerjaan Umum tengah melakukan finalisasi dokumen tender PT Jasa Marga, sebagai satu-satunya perusahaan yang memasukan penawaran untuk pengelolaan jembatan dan tol Surabaya Madura (Suramadu) sepanjang 5,4 km.
 
Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Ahmad Ghani Ghazali mengatakan hasil penawaran Jasa Marga sebetulnya sudah di dapatkan namun karena belum adanya laporan dari panitia maka belum bisa disampaikan hasilnya.
 
“Sebenarnya sudah final, tapi panitia belum memberikan laporan. Ya kita tunggu dalam minggu ini. Bila dianggap sudah memenuhi (Jasa Marga) bisa langsung mengelola selama enam tahun ke depan,” ujarnya, Senin 28 Mei 2012.
 
Menurutnya, selain mengelola dan mengoperasikan jembatan dan jalan tol Suramadu, pemenang tender juga harus melakukan pemeliharaan mulai dari pengecetan tiang jembatan hingga memindahkan gerbang tol dari sisi Surabaya ke Madura. 
 
Sebelumnya, Direktur Utama PT Jasa Marga Tbk Adityawarman optimsitis pihaknya dapat melanjutkan pengoperasian jembatan tol Sumaradu tersebut sebab mereka sudah berpengalaman menjadi operator sejak Jembatan Suramadu sejak dioperasikan pada 2009 lalu. 
 
Saat ini pihaknya masih menunggu keputusan dari BPJT terkait hasil tender tersebut. “Kami optimistis dapat melanjutkan pengoperasian jembatan tol ini,” tuturnya.
 
Adit menyatakan keikutsertaan perusahaannya di dalam tender operasional jembatan tol Suramadu tersebut sebab cakupan pekerjaan yang dibebankan  kepada operator hanya pengelolaan dan pemeliharaan rutin ringan, bukan merupakan pekerjaan berat seperti  perbaikan struktur atau pergantian kabel jembatan karena korosi.
 
Nantinya, untuk proses pemeliharaan berat seperti pemeliharaan kabel gantung jembatan dan pekerjaan berat lainya, pemerintah akan membuka tender yang berbeda.
 
”Perhitungan nilai investasi dan tingkat risiko untuk pekerjaan-pekerjaan berat akan sulit dilakukan untuk masa konsesi yang panjang,” ucapnya.
 
Pada saat awal pemasukan tender terdapat empat operator jalan tol yang mengikuti tender Suramadu yakni PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP), PT Marga Mandala Sakti (MMS),  PT Jakarta Lingkar Baratsatu (JLB) dan PT Jasa Marga Tbk.
 
Namun hingga penawaran kedua, hanya satu perusahaan yang memasukan  dokumen penawaran yakni PT Jasa Marga. Oleh karena tidak adanya peserta lain yang memasukan penawaran maka sesuai ketentuan Jasa Marga langsung melakukan proses negosiasi.
 
Hingga saat ini Jasa Marga masih menjadi operator jembatan tol Suramadu menyusul perpanjangan masa kontrak pengelolaan yang seharsunya berakhir pada 31 Januari lalu, hingga didapatkan pemenang baru.(sut)
 

 

 

 

 

BACA JUGA:

Skandal seks DPR mulai terkuak

Kekhawatiran data China pukul saham pertambangan

Hasil F1 Monaco, Webber juaranya

Rossi masuk Honda gantikan Stoner?

Nilai tukar rupiah, gimana hari ini?

 

SITE MAP:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper