Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

TREN EKONOMI: Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II Diperkirakan Di bawah 6%

JAKARTA: Bank Mandiri memperkirakan ekonomi nasional akan tumbuh lebih rendah pada kuartal II/2012 dibandingkan dengan pertumbuhan kuartal I/2012 yang mencapai 6,3%.
Nancy Junita
Nancy Junita - Bisnis.com 23 Mei 2012  |  15:57 WIB

JAKARTA: Bank Mandiri memperkirakan ekonomi nasional akan tumbuh lebih rendah pada kuartal II/2012 dibandingkan dengan pertumbuhan kuartal I/2012 yang mencapai 6,3%.

Ekonom Senior PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Andry Asmoro mengatakan proyeksi itu didasarkan pada Mandiri Leading Economic Indeks (LEI) sepanjang Oktober-November 2011.

 

Mandiri LEI adalah indeks yang memperhitungkan beberapa komponen ekonomi untuk memproyeksikan pergerakan PDB dalam 6 bulan ke depan.

 

Komponen yang diperhitungkan dalam LEI adalah pergerakan IHSG, ekspor dan impor, nilai tukar rupiah pada dolar AS, volume simpanan deposito dan volume simpanan tabungan.

 

Nilai indeks di atas 100 menunjukkan ekspansi pertumbuhan ekonomi, sedangkan nilai indeks di bawah 100 menunjukkan kontraksi pertumbuhan ekonomi.

 

Adapun rata-rata indeks LEI pada Juli-September 2011 adalah 100,06, sedangkan pada Oktober-November 2011 sebesar  99,5.

 

“Rata-rata indeks LEI Oktober-November lebih kecil dari rata-rata indeks Juli-September. Ini menunjukkan pertumbuhan ekonomi kuartal II/2012 akan lebih rendah dari kuartal sebelumnya,” ujarnya, hari ini.

 

Dia mengklaim indeks LEI terbukti secara historis bergerak dengan pola yang sama dengan laju pertumbuhan PDB. “Kami sebetulnya sudah mulai menyusun LEI sejak tahun lalu. Tetapi baru kami luncurkan tahun ini setelah verifikasi dengan data historis, terutama untuk memperkirakan pertumbuhan kuartal I,” tuturnya.

 

Indeks LEI pada April-Juni 2011 adalah sebesar 100,33 atau lebih besar dari rata-rata indeks pada 3 bulan setelahnya yang sebesar 100,06.

 

BPS menyatakan laju pertumbuhan PDB Indonesia pada kuartal I/2011 sebesar 6,3%, lebih kecil dari pertumbuhan PDB pada kuartal II/2012 yang sebesar 6,2%. (yus)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : David Eka Issetiabudi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top