Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KILANG TANGGUHBP siapkan Rp102,3 triliun untuk train 3

 
News Editor
News Editor - Bisnis.com 23 Mei 2012  |  12:31 WIB

 

JAKARTA: BP Indonesia akan menanamkan investasi sebesar US$11 miliar (sekitar Rp102,3 triliun) untuk pengembangan proyek train 3 Kilang Tangguh, Papua. 
 
Menteri ESDM Jero Wacik mengatakan besok. Kamis   24 Mei 2012, dirinya akan bertemu Presiden BP dan salah satu agendanya adalah membahas tambahan investasi tersebut. 
 
"Salah satu agendanya dengan BP, dia mau investasi US$11 miliar untuk train 3. Dia minta bisa ngga PoD-nya [Plan of Development/rencana pengembangan] selesai 45 hari? Saya katakan tidak perlu 45 hari, harus kurang dari 45 hari, agar cepat tumbuh ekonomi dan bisa mengentaskan kemiskinan," ujarnya dalam acara Konvensi dan Pameran IPA ke 36, hari ini, Rabu 23 Mei 2012. 
 
Wacik menegaskan pemerintah membuka pintu selebar-lebarnya kepada seluruh pengusaha, baik migas maupun tambang. Saat ini beberapa pemimpin perusahaan seperti ExxonMobil, ConocoPhillips, Freeport dan Newmont, sudah menemui dirinya. 
 
Dia mengajak industri menjadikan berfikir positif sebagai acuan. Menurutnya, pemerintah tidak mungkin punya niat untuk membangkrutkan pengusaha karena mereka yang menciptakan banyak lapangan kerja bagi masyarakat Indonesia. 
 
"Saya akan jaga agar perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang sumber daya bisa dapat untung yang wajar. Investasi di bidang migas tentu bukan investasi yang kecil. Tentu harus kami jaga, pemasukan dari sektor ini untuk negara itu besar sekali," ujarnya. 
 
Wacik menyampaikan dua pesan dari Presiden SBY yang semula dijadwalkan membuka acara IPA hari ini namun tidak dapat hadir. Kedua pesan itu adalah pertama, pemerintah dan industri migas harus bekerjasama. Pesan kedua adalah dunia semakin tergantung pada energi dan Indonesia dengan jumlah penduduk yang besar juga tergantung pada energi.  
 
"Indonesia beruntung kita punya sumber-sumber energi yang banyak, karena itu tugas kita produksi energi sebanyak-banyaknya. Itu kita kontribusikan kepada bangsa Indonesia dan juga kepentingan dunia. Ini yang harus kita jabarkan dalam mengelola migas," ujarnya. (sut)
 
 
 

 

BACA JUGA:

Cermati BKSL, INTA, INDY, AISA, BHIT, GGRM, JSMR, SMRA

Investor Wait & See, S&P 500 Naik-Dow Jones Turun

Harga  Minyak Turun Lagi ke US$91,66

Spekulasi China Selamatkan Indeks

 

 

READ MORE:

Jakarta Stocks Drop 44.94 Points In Morning Session

Suzuki Ertiga Orders Soars Over 12,000 Units

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Riendy / Vega Aulia Pradipta

Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top