Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

 

 

JAKARTA: Kementerian Koperasi dan UKM mendorong perajin batik yang bergabung di bawah koperasi untuk menggunakan bahan pewarna alami sebagai partisipasi dunia usaha melestarikan lingkungan hidup.

 

Koperasi diyakini mampu menjalankan peran dan fungsinya menjadi pendamping perajin batik di berbagai daerah untuk menjaga kebersihan lingkungan. Terutama dalam menggunakan zat pewarna pada proses membatik.

 

“Saat ini terjadi perubahan mendasar pengunaan pewarna batik setelah ada pelarangan menggunakan bahan kimia yang menyebabkan penyakit kanker. Isu back to nature dan go green menjadi terdepan dalam proses pembatikan,” ujar Deputi Bidang Produksi Kementerian Koperasi dan UKM, Braman Setyo kepada Bisnis, Senin, 21 Mei 2012.

 

Saat ini terdapat empat koperasi perajin batik yang telah menggunakan pewarna alami untuk proses pembatikan. Pertama, Koperasi Wanita (Kopwan) Suka Maju di Imogiri, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

Kedua, Koperasi Wanita (Kopwan) Batik Puri di Desa Cokrokembang, Ngadirojo, Pacitan, Provinsi Jawa Timur. Ketiga, Koperasi Persatuan Pengusaha Batik Indonesia (Perbain) di Sokaraja, Banyumas, Jawa Tengah. Keempat adalah Koperasi Pengusaha Batik Indonesia Mitra Batik di Gunung Jambe, Tasikmalaya, Jawa Barat.

 

Menurut Braman Setyo, penggunaan zat pewarna alami dalam proses pewarnaan batik didorong dan disosialisasikan kepada perajin agar mereka berkesempatan berkompetisi memasarkan produknya secara global sembari menjaga kelestarian alam.

 

Penggunaan zat pewarna alami dalam proses pembatikan memberikan ciri khas warna tersendiri sesuai dengan daerahnya. Ini harus dipertahankan dengan mengedepankan program lingkungan hidup,” ujar Braman Setyo.

 

Jumlah perajin batik saat ini tercatat 48.300 unit di seluruh Indonesia. Adapun serapan tenaga kerja 792.300 orang. Dari 48.300 unit perajin tersebut, 17 di antaranya mampu menyerap 5.051 orang. Total nilai produksi batik nasional mencapai Rp3,14 triliun, dan total ekspor mencapai US$110 juta.(msb)

 

BERITA MARKET PILIHAN REDAKSI:

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Sarwani
Sumber : Mulia Ginting Munthe

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper