Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

INDONEISA-INDIA: Nilai perdagangan dinaikkan

JAKARTA: Pemerintah Indonesia dan India sepakat menggandakan nilai perdagangan kedua negara menjadi US$45 miliar pada 2015, ditopang oleh pertumbuhan ekonomi kedua negara yang positif di tengah lesunya perekonomian global.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 21 Mei 2012  |  19:20 WIB

JAKARTA: Pemerintah Indonesia dan India sepakat menggandakan nilai perdagangan kedua negara menjadi US$45 miliar pada 2015, ditopang oleh pertumbuhan ekonomi kedua negara yang positif di tengah lesunya perekonomian global.

 

Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Gusmardi Bustami mengatakan nilai perdagangan RI-India pada 2011 mencapai US$19,6 miliar, dengan nilai ekspor Indonesia ke India US$14 miliar, sedangkan impor dari Indonesia dari India US$5,6 miliar .

 

Adapun pada tahun ini, pemerintah menargetkan nilai perdagangan kedua negara meningkat 25% dari realisasi tahun lalu, didorong oleh penguatan harga CPO yang selama ini menjadi salah satu komoditas ekspor Indonesia ke India di samping batubara.

 

“Ini komitmen kedua negara untuk men-double perdagangan. Jadi, kami punya perkiraan pada 2015 perdagangan Indonesia-India menjadi USS45 miliar. Saya yakin karena kedua pihak cukup eager atau sangat berkepentingan meningkatkan perdagangan,” ujarnya, hari ini, Senin 21 Mei 2012. 

Gusmardi optimistis mengingat perekonomian kedua negara tetap tumbuh di tengah perlambatan ekonomi global. India, lanjutnya, juga melihat  Indonesia sebagai pasar potensial dengan 60% produk domestik bruto (PDB) disumbang oleh konsumsi domestik.“Dengan pasar Indonesia yang cukup besar, India cukup capable men-deliver produk-produk yang mereka anggap bisa bersaing dengan produk negara lain,” katanya.

 

Indonesia akan tetap mengandalkan ekspor CPO dan batubara, di samping menggenjot pengiriman furnitur dan makanan olahan. Nilai kspor CPO dan batu bara ke India selama ini berperan US$5 miliar terhadap total ekspor Indonesia ke negara itu.(msb)

 

 

BERITA FINANSIAL PILIHAN REDAKSI:


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Sri Mas Sari

Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top