Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

HARKIT PRONAS: Ayo Produk Dalam Negeri Bangkitlah!

JAKARTA: Pemerintah menetapkan Hari Kebangkitan Produk Nasional (Harkit Pronas) pada 20 Mei, bersamaan dengan berlangsungnya Pameran Produk Dalam Negeri Regional dan Pameran Pangan Nusa.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 21 Mei 2012  |  01:36 WIB

JAKARTA: Pemerintah menetapkan Hari Kebangkitan Produk Nasional (Harkit Pronas) pada 20 Mei, bersamaan dengan berlangsungnya Pameran Produk Dalam Negeri Regional dan Pameran Pangan Nusa.

 

“Pameran Produk Dalam Negeri Regional dan Pameran Produk Pangan Nusa diadakan untuk menampilkan berbagai produk Indonesia yang berkualitas. Sekaligus menjadi sarana untuk memperluas akses pasar melalui misi dagang lokal,” kata Bayu Krisnamurthi, Wakil Menteri Perdagangan saat membuka kedua pameran itu di Semarang, Minggu (20/5), dalam siaran persnya.

 

Pameran Produk Dalam Negeri Regional yang mengambil tema “Peningkatan Transaksi Domestik Melalui Misi Dagang Lokal” dan Pameran Produk Pangan Nusa bertema “Diversifikasi Pangan Nasional” akan berlangsung pada 20-23 Mei 2012.

 

Menurut Bayu, para pengusaha kecil dan menengah dapat menjadikan pameran tersebut sebagai ajang persaingan untuk menjadi UKM yang unggul dalam menghasilkan produk yang bermutu, membangun merek dagang sendiri serta bersaing di pasar dalam negeri maupun global.

 

Selain itu, pameran tersebut juga dapat dijadikan sebagai ajang promosi bagi para UKM dan sebagai sarana misi dagang lokal yaitu membangun jaringan transaksi penjualan produk-produk UKM antar provinsi dan daerah.

 

Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Gunaryo mengungkapkan pameran itu diadakan selain untuk memfasilitasi penjualan langsung antara UKM daerah dengan masyarakat setempat, juga untuk mengembangkan potensi sumber daya daerah yang belum diolah secara maksimal.

 

“Pemerintah memotivasi daerah khususnya kalangan generasi muda agar membangkitkan kecintaan dan kebanggaannya terhadap produk dalam negeri melalui visualisasi peragaan produk-produk unggulan nasional yang berkualitas dunia,” ujarnya.

 

Semarang dijadikan tempat pelaksanaan didasarkan pada pertimbangan lokasi yang strategis di tengah Pulau Jawa serta potensial untuk melaksanakan misi dagang lokal dan kooperatif dalam menunjang penyelenggaraan pameran.

 

Selain diselenggarakan di Semarang, Pameran Pangan Nusa dan Pameran Produk Dalam Negeri Regional juga akan di laksanakan secara berkelanjutan di tiga daerah yaitu Makassar 6-9 Juni, Medan 28 Juni-1 Juli dan Balikpapan 27-30 September. (yus)

 

JANGAN LEWATKAN JUGA:

 

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Newswire

Editor : David Eka Issetiabudi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top