Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BI raih Wajar Tanpa Pengecualian 9 tahun berturut-turut

 
Saeno
Saeno - Bisnis.com 16 Mei 2012  |  19:45 WIB

 

JAKARTA: Badan Pemeriksa Keuangan memberikan predikat ‘Wajar Tanpa Pengecualian’terhadap laporan keuangan tahunan Bank Indonesia 2011.

Deputi Gubernur Bank Indonesia Hartadi A.  Sarwono mengatakan predikat yang diberikan BPK terhadap laporan keuangan BI 2011 merupakan tertinggi yang telah dipertahankan selama 9 tahun berturut turut.

 

“Sejak LKTBI 2003 kami mendapatkan peringkat yang sama,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Bisnis, hari ini.

Hartadi menyampaikan BPK selaku auditor eksternal dipandang sebagai mitra strategis BI yang membantu dalam mewujudkan prinsip-prinsip tata kelola yang baik (good governance).

 

Secara umum, kinerja BI pada 2011 sebenarnya membaik, karena realisasi defisit turun hampir separuh dari proyeksi semula Rp30 triliun menjadi defisit Rp16,5 triliun. Akan tetapi, defisit pada tahun ini ditaksir mencapai Rp21,57 triliun.

 

Dalam tiga tahun terakhir kinerjaBImenurun karena terus ditimpa defisit. Hal itu justru terjadi dalam kondisi ekonomi stabil. Padahal saat krisil global memuncak pada 2008 BI mengalami surplus Rp17,25 triliun, terbesar dalam 6 tahun terakhir.

 

Surplus BI terjadi saat gejolak nilai tukar rupiah melemah, karena mendapat gain dari penjualan valas. Namun, kompensasinya cadangan devisa merosot.

 

Pasca krisis 2008, neraca BI diproyeksikan bakal terus defisit karena dipakai untuk menjaga stabilitas ekonomi dari dampak krisis global. Bahkan, pada 2012 modal BI pernah diperkirakan bakal tergerus di bawah Rp2 triliun. Posisi modal BI awal 2011 mencapai Rp7,6 triliun. (ea)

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Marissa Saraswati

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top