Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AKSES PASAR UKM: Dinkop Malang rangkul ritel modern

MALANG: Dinas Koperasi (Dinkop) Kabupaten Malang merangkul PT. Sumber Alfaria Trijaya (SAT) Tbk, pemilik gerai Alfamart, untuk memberdayakan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Kabupaten Malang.Kepala Dinkop Kabupaten Malang, Bambang

MALANG: Dinas Koperasi (Dinkop) Kabupaten Malang merangkul PT. Sumber Alfaria Trijaya (SAT) Tbk, pemilik gerai Alfamart, untuk memberdayakan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Kabupaten Malang.Kepala Dinkop Kabupaten Malang, Bambang Sumantri, mengatakan bersama Alfamart, puluhan pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Malang, Rabu, 16 Mei 2012, mendapat pelatihan sekaligus pembekalan teknis tentang bagaimana memasarkan produk UMKM ke gerai milik Alfamart yang ada di Kabupaten Malang.“Harapannya, produk UMKM di Kabupaten Malang bisa ditampung di gerai-gerai Alfamart yang ada. Dan kami menyambut baik komitmen dari pihak Alfamart untuk bisa menampung produk mereka,” kata Bambang seusai membuka pelatihan di Kantor Dinkop Kepanjen Kabupaten Malang, Rabu, 16 Mei 2012.Menurut dia, sektor UMKM di Kabupaten Malang saat ini tumbuh dengan pesat. Hingga Kwartal I/2012, jumlah UMKM di Kabupaten Malang mencapai 273.091 unit.“UMKM tersebut bergerak diberbagai sektor usaha dengan penyerapan jumlah tenaga kerja sebanyak 469.274 orang dengan jumlah volume sebesar Rp26,109 triliun.”Dengan menggandeng ritail modern tersebut, ujar dia, diharapkan produk sektor mikro di Kabupaten Malang bisa berkembang dan bersaing dengan produk lainnya. Tentunya, dengan dipajang di gerai-gerai yang ada margin keuntungan yang dipetik pelaku UMKM bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.“Harapannya tentunya bisa menjual dengan harga yang sama dengan barang lainnya yang ada di Alfamart.”Deputy Branch Manager PT. Sumber Alfaria Trijaya Malang, Yonathan Prastyo, mengatakan pihaknya menyambut baik upaya yang dilakukan oleh Dinkop Kabupaten Malang dalam memberdayakan pelaku UMKM.“Kami siap menampung produk UMKM di Kabupaten Malang dengan menyediakan tenant secara khusus dan free. Langkah tersebut sudah kami lakukan di gerai Alfamart yang berada di Kecamatan Karangploso. Harapannya gerai lainnya bisa dimanfaatkan oleh pelaku UMKM lainnya,” jelas Yonathan.Saat ini, jumlah gerai Alfamart yang tersebar di 33 kecamatan yang ada di Kabupaten Malang sebanyak 70 unit. Dengan adanya pelatihan tersebut, diharapkan pelaku UMKM bisa memamahi tentang display, layanan, hingga kualitas produk untuk bisa dipajang di gerai-gerai Alfamart. (K25/Bsi)

 

JANGAN LEWATKAN:

>>> 5 KANAL TERPOPULER BISNIS.COM

>>> 8 ENTREPRENEUR YANG MENGINSPIRASI

>>> 10 ARTIKEL MOST VIEWED BISNIS.COM

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Mohammad Sofi`i

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper