Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ANGKUTAN UMUM: BRT Koridor II Semarang dirudung masalah

 

 

 

SEMARANG: Pengoperasian angkutan massal bus rapid transit (BRT) di Kota Semarang koridor II masih menghadapi berbagai masalah, hingga mengundang protes kembali pengusaha angkutan dan pengemudi yang menolak kehadiran armada itu.

 

Sebelumnya rencana pengoperasian BRT Koridor I dua tahun lalu juga terjadi hal serupa banyak diprotes sejumlah pengusaha angkutan (Angkot) dan pengemudi, karena dinilai akan mengancam usaha mereka.

 

BRT Koridor I telah beroperasi sejak dua tahun lalu sebagai tahap pertama, dan kini tahap kedua segera dilanjutnya dengan rencana peluncuran BRT Koridor II. Namun pengusaha angkutan (angkot) dan pengemudi kembali menolak keras kehadiran armada itu.

 

Melalui paguyuban pengemudi Kabupaten Semarang yang melayani jalur Kota Semarang-Kabupaten Semarang, pengemudi sepakat menolak rencana pengoperasian BRT koridor II , karena  dikhawatirkan akan semakin memperpuruk usahanya.

 

Pendapat tersebut muncul dalam Sosialisasi Pengoperasian BRT Koridor II (Terboyo-Sisemut) di Wilayah Kabupaten Semarang yang dilakukan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Jateng dan Kabupaten Semarang, akhir pekan lalu.

 

Selain itu, muncul protes pengelolaan BRT harus melibatkan sejumlah pengusaha angkutan melalui pembentukan konsorsium. Bahkan juga terkendala pembangunan pendukung infrastruktur seperti sejumlah halte belum juga dibangun.

 

Djoko Setijowarno pakar transportasi Universitas Khatolik Soegijopranoto (Unika) mengatakan  transportasi massal yang menjadi kewajiban bagi pemerintah untuk menyelenggarakannya dalam pengoperasian harus baik, hingga akan mempengaruhi kepercayaan masyarakat, baik kepada birokrat ataupun pemimpin. 

”Sejak awal konsep BRT belum tepat, bahkan kurang disosialisasikan tentang konsep awal tujuan diadakannya transportasi massal tersebut,” ujarnya, hari ini, Minggu 13 Mei 2012. (msb)

 

 

+ JANGAN LEWATKAN:

>>> 10 ARTIKEL PILIHAN REDAKSI HARI INI

>>> 5 KANAL TERPOPULER BISNIS.COM

>>> 10 ARTIKEL MOST VIEWED BISNIS.COM

>>BACA JUGA

Gara-gara JPMorgan, ORANG TERKAYA DI DUNIA merugi US$4,2 miliar

KRONOLOGI JATUHNYA SUKHOI versi Kementerian Perhubungan

KINERJA KUARTAL I/2012: Laba bersih Bakrie Plantations anjlok 64%

.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Rachmat Sujianto

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper