Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PEMBANGKIT LISTRIK: PLTPB Ungaran terganjal izin Menhut

 

 

 

SEMARANG: Aktivitas pembangunan fisik proyek pembangkit listrik tenaga panas bumi di Jateng senilai Rp3 triliun di kawasan Gunung Ungaran terhambat, akibat izin Menteri Kehutanan hingga saat ini belum juga turun.

 

Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTPB) di kawasan Gedongsong lereng Gunung Ungaran Kabupaten Semarang itu, siap dibangun oleh PT Giri Indah Sejahtera (GIS) dengan tahap awal aktivitas pengeboran.

 

PT Giri Indah Sejahtera merupakan anak perusahaan PT Golden Spike Energy Indonesia yang telah memenangkan tender pembangunan proyek PLTPB Ungaran senilai Rp3 triliun beberapa waktu lalu.

 

Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jateng, Teguh Dwi Paryono mengatakan proses pengeboran pada proyek PLTPB Ungaran hingga saat ini masih terhambat, akibat izin dari Menhut belum juga turun.

 

Meski sebagian besar izin, lanjutnya, sudah dimiliki GIS termasuk izin eksplorasi, namun izin dari Menhut sebagai pemilik wilayah belum juga turun, sehingga menghambat upaya percepatan pembangunan potensi energi terbarukan di Jateng.

 

"Di kawasan Gunung Ungaran terdapat beberapa areal sumur sumber panas bumi yang akan dilakukan pengeboran untuk memastikan potensi besarnya tenaga panas bumi yang ada di dalamnya," ujarnya kemain.

 

Menurutnya, pelaksanaan pengeboran yang akan dilakukan GIS menjadi tertunda hingga belum mengetahui kapan batas waktu bisa direalisasikan, meski semua keperluan dan alokasi dana investasi telah disiapkan perusahaan tersebut.

 

PT PLN (Persero) April tahun lalu diketahui sudah menandatangani kontrak jual beli energi listrik produksi PLTPB Ungaran dengan Independent Power Producer (IPP) PT Giri Indah Sejahtera, setelah perusahaan swasta itu memenangkan tender proyek energi listrik panas bumi di Jateng.

 

Kapasitas produksi energi litsrik PLTPB Ungaran mencapai 1x55 megawatt (MW) dan telah masuk dalam kontrak kloter kedua proyek percepatan pengadaan listrik 10.000 MW tahap II di Indonesia.(msb)

 

 

+ JANGAN LEWATKAN:

>>> 10 ARTIKEL PILIHAN REDAKSI HARI INI

>>> 5 KANAL TERPOPULER BISNIS.COM

>>> 10 ARTIKEL MOST VIEWED BISNIS.COM

>>BACA JUGA

Gara-gara JPMorgan, ORANG TERKAYA DI DUNIA merugi US$4,2 miliar

KRONOLOGI JATUHNYA SUKHOI versi Kementerian Perhubungan

KINERJA KUARTAL I/2012: Laba bersih Bakrie Plantations anjlok 64%

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Rachmat Sujianto

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper