Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PEMBANGKIT LISTRIK: PLTPB Ungaran terganjal izin Menhut

 
News Editor
News Editor - Bisnis.com 13 Mei 2012  |  18:11 WIB

 

 

SEMARANG: Aktivitas pembangunan fisik proyek pembangkit listrik tenaga panas bumi di Jateng senilai Rp3 triliun di kawasan Gunung Ungaran terhambat, akibat izin Menteri Kehutanan hingga saat ini belum juga turun.

 

Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTPB) di kawasan Gedongsong lereng Gunung Ungaran Kabupaten Semarang itu, siap dibangun oleh PT Giri Indah Sejahtera (GIS) dengan tahap awal aktivitas pengeboran.

 

PT Giri Indah Sejahtera merupakan anak perusahaan PT Golden Spike Energy Indonesia yang telah memenangkan tender pembangunan proyek PLTPB Ungaran senilai Rp3 triliun beberapa waktu lalu.

 

Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jateng, Teguh Dwi Paryono mengatakan proses pengeboran pada proyek PLTPB Ungaran hingga saat ini masih terhambat, akibat izin dari Menhut belum juga turun.

 

Meski sebagian besar izin, lanjutnya, sudah dimiliki GIS termasuk izin eksplorasi, namun izin dari Menhut sebagai pemilik wilayah belum juga turun, sehingga menghambat upaya percepatan pembangunan potensi energi terbarukan di Jateng.

 

"Di kawasan Gunung Ungaran terdapat beberapa areal sumur sumber panas bumi yang akan dilakukan pengeboran untuk memastikan potensi besarnya tenaga panas bumi yang ada di dalamnya," ujarnya kemain.

 

Menurutnya, pelaksanaan pengeboran yang akan dilakukan GIS menjadi tertunda hingga belum mengetahui kapan batas waktu bisa direalisasikan, meski semua keperluan dan alokasi dana investasi telah disiapkan perusahaan tersebut.

 

PT PLN (Persero) April tahun lalu diketahui sudah menandatangani kontrak jual beli energi listrik produksi PLTPB Ungaran dengan Independent Power Producer (IPP) PT Giri Indah Sejahtera, setelah perusahaan swasta itu memenangkan tender proyek energi listrik panas bumi di Jateng.

 

Kapasitas produksi energi litsrik PLTPB Ungaran mencapai 1x55 megawatt (MW) dan telah masuk dalam kontrak kloter kedua proyek percepatan pengadaan listrik 10.000 MW tahap II di Indonesia.(msb)

 

 

+ JANGAN LEWATKAN:

>>> 10 ARTIKEL PILIHAN REDAKSI HARI INI

>>> 5 KANAL TERPOPULER BISNIS.COM

>>> 10 ARTIKEL MOST VIEWED BISNIS.COM

>>BACA JUGA

Gara-gara JPMorgan, ORANG TERKAYA DI DUNIA merugi US$4,2 miliar

KRONOLOGI JATUHNYA SUKHOI versi Kementerian Perhubungan

KINERJA KUARTAL I/2012: Laba bersih Bakrie Plantations anjlok 64%


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Rachmat Sujianto

Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top