Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KINERJA EKSPOR: Kuartal II, berat

 
News Editor
News Editor - Bisnis.com 09 Mei 2012  |  20:21 WIB

 

 

JAKARTA: Pemerintah pesimistis kinerja ekspor Indonesia akan membaik pada kuartal II/2012, karena masih dibayangi kelesuan ekonomi di Eropa yang melemahkan permintaan. 

Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi memperkirakan ekspor pada kuartal II/2011 tidak jauh berbeda dari periode sebelumnya yang hanya US$48,53 miliar. 

“Kuartal II diperkirakan masih akan landai. Kalau sama dengan kuartal I, saya rasa itu hal yang realistis karena masih berat,” ujarnya, hari ini, Rabu 9 Mei 2012

 

Karena kondisi itu, pihaknya juga tidak yakin ekspor akan cukup mampu mendorong pertumbuhan ekonomi pada kuartal II/2012. 

Sebagaimana diketahui, penurunan kinerja perdagangan internasional menahan laju pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I/2012 yang hanya 6,3%. Pertumbuhan ekspor barang dan jasa pada periode itu hanya 7,8% (year on year) atau lebih rendah dari kenaikan komponen impor barang dan jasa 8,2%.

 

 

Bayu mengatakan pelambatan kinerja ekspor pada kuartal I/2012 tidak hanya terjadi di Indonesia, tetapi juga di beberapa negara G20.

 

Beberapa negara hanya membukukan pertumbuhan satu digit dari yang biasanya dua digit. China misalnya hanya tumbuh 7,6%, Brasil 7,5%, Korea Selatan 3% dan Jepang bahkan hanya 1,8%.

“Melemahnya kinerja ekspor pada kuartal I terjadi karena pelemahan permintaan dunia, termasuk dari mitra dagang. Faktor eksternal ini yang tidak bisa kita kelola. Yang bisa kita lakukan hanya merespons dan menyiapkan antisipasi,” jelasnya. (msb)

 

BACA JUGA

>>IHSG Turun 52,01 Poin

>>Buyback Antam longsor Rp11.000/gram

>>Bakrie Upsize Ownership In Bumi Resources

>>12  SUKHOI Superjet-100 Ordered By Sky Aviation

10 Artikel Pilihan Bisnis.com

5 Kanal terpopuler Bisnis.com

 

 

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Sri Mas Sari

Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top