Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PENGHEMATAN ENERGI: Juni 2012 plat merah pakai pertamax

 

 

 

JAKARTA: Pemerintah menegaskan upaya penghematan energi oleh entitas pemerintah akan dilakukan pada Juni 2012. 

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik menuturkan pada saatnya nanti seluruh kendaraan dinas pemerintahan harus menggunakan pertamax dengan alokasi anggaran yang sama. Awalnya, penghematan oleh kendaraan dinas akan diterapkan di Jawa dan Bali, selanjutnya baru di seluruh wilayah Indonesia. 

"Mulainya nanti sekitar 1 Juni, akhir Mei ini akan diumumkan oleh Presiden," ujar Jero di Kantor Kemenko Jakarta, Senin(7/5/2012). 

Menurut dia, seluruh gedung perkantoran milik pemerintah harus pula mulai berhemat dengan mematikan aliran listrik pukul 19.00. Jika masih terjadi pemborosan energi, pihak penanggungjawab rumah tangga yakni Sekretariat Jenderal masing-masing lembaga akan dikenai sanksi. 

"Sekjen akan melakukan pengecekan, kalau melanggar mereka kena sanksi peneguran dengan sangat keras," katanya. 

Selain itu, lanjut dia, pemerintah juga tetap mengupayakan program konversi penggunaan bahan bakar minyak ke bahan bakar gas oleh kendaraan. 

Menurut dia, perusahaan otomotif Astra International mengaku sanggup menyediakan mobil hybrid untuk kebutuhan masyarakat. Jika berhasil uji coba, lanjut dia, pengembangan mobil hybrid akan terus dilakukan.

"Mereka sanggup memproduksi mobil yang tidak menggunakan banyak BBM. Ini semua besok akan diserahkan di Istana," ungkapnya.(msb)

 

 

>>BACA JUGA

SPBU khusus pertamax mulai hadir

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Erlan Imran
Sumber : Lavinda

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper