AKSI GARUDA: Beli 11 pesawat Airbus 330-300

JAKARTA: PT Garuda Indonesia Tbk akan membeli 11 unit pesawat A330-300 dari Airbus senilai US$2,5 miliar.Direktur Utama Garuda Emirsyah Satar mengungkapkan pendanaan untuk pembelian pesawat ini berasal dari lessor dan perbankan."Kami akan tanda
News Editor | 11 April 2012 14:54 WIB

JAKARTA: PT Garuda Indonesia Tbk akan membeli 11 unit pesawat A330-300 dari Airbus senilai US$2,5 miliar.Direktur Utama Garuda Emirsyah Satar mengungkapkan pendanaan untuk pembelian pesawat ini berasal dari lessor dan perbankan."Kami akan tanda tangan kesepakatan pembelian pesawat tersebut," ujarnya kepada Bisnis, Rabu, 11 April 2012.Rencananya, penandatanganan kesepakatan pembelian pesawat ini dilakukan seiring dengan kunjungan PM Inggris David Cameron ke Indonesia yang berlangsung hari ini sampai besok.Airbus adalah produsen pesawat yang didirikan pada oleh Jerman, Inggris dan Prancis dan selanjutnya juga menggabungkan Constucciones Aetonuticas (CASA) Spanyol dalam konsorsium perusahaan.  Pada Februari, Garuda juga menandatangai pembelian 18 pesawat Bombardier tipe CRJ1000 NextGen dari Kanada senilai US$2 miliar.Jumlah pesawat yang dibeli bisa bertambah lagi sebanyak 18 pesawat sehingga menjadi total 36 pesawat.

 

Sumber pendanaan
 
Garuda Indonesia saat ini mengoperasikan 14 pesawat A330, terdiri atas 8 unit A330-200 dan enam unit A330-300.
 
Jika merujuk pada harga resmi di Airbus, total kontrak itu bernilai US$2,5 miliar, namun Garuda mendapat harga diskon. “Soal besaran diskonnya masih kami bahas bersama,” ujar Direktur Keuangan Garuda Elisa Lumbantoruan.
 
Menurut Elisa, dalam pembelian ini Garuda mendapat dukungan sindikasi perbankan nasional untuk menyediakan uang muka. “Selain itu juga ada dana dari kas internal dan dana investasi dari hasil IPO [initial public offering].” 
 
Pesawat A330-300 yang akan datang pada 2014-2017 itu, menurut Elisa akan dipakai untuk menerbangi rute-rute di Asia Pasifik. Misalnya dari Jakarta menuju Sidney, Melbourne, Seoul, Taiwan, India.
 
Vice President Programmes Airbus Tom Williams menambahkan A330 adalah pesawat yang memimpin di kelasnya. Selain memiliki salah satu kabin ternyaman di udara, A330 menawarkan tingkat keterandalan yang telah teruji dan biaya operasional yang rendah. 
 
“Kombinasi hal-hal ini menjadikannya pilihan yang diminati oleh banyak maskapai di dunia, dan akan membantu Garuda Indonesia mewujudkan potensinya sebagai maskapai internasional yang premium,” ujarnya.
 
Tom menjelaskan pesawat bermesin ganda A330 adalah salah satu pesawat widebody (berbadan lebar) yang paling banyak digunakan saat ini.
 
Airbus telah mencatat hampir 1.200 pesanan untuk beragam versi dari pesawat A330, dan lebih dari 800 pesawat sedang dioperasikan oleh 90 perusahaan penerbangan di seluruh dunia.
 
Di samping pesawat penumpang dan kargo, A330 juga tersedia dalam varian VIP dan transportasi/tanker militer. (tw)

 

Sumber : M. Munir Haikal / Berliana Elisabeth

Tag :
Editor : Nadya Kurnia

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top