Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Luar biasa, remitansi TKI Rp100 triliun lebih

 
News Editor
News Editor - Bisnis.com 27 November 2011  |  18:55 WIB

 

MALANG: Angka remitansi TKI mencapai lebih Rp100 triliun per tahun sehingga dana sebesar itu berpotensi untuk digunakan mengembangkan roda perekonomian di daerah asal pekerja tersebut lewat usaha mikro kecil menengah (UMKM).
 
Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Moh Jumhur Hidayat mengatakan saat ini ada enam juta TKI yang ditempatkan di luar negeri. Artinya, 6 juta pengangguran teratasi.
 
“Keberadaan TKI merupakan salah satu penyelesaian untuk mengatasi masalah pengangguran dan kemiskinan,” kata Moh Jumhur Hidayat pada Sosialisasi Penempatan dan Perlindungan TKI atas Kerja Sama BNP2TKI dan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kab. Malang, akhir pekan lalu.
 
Menurut dia, pengangguran dan kemiskinan adalah masalah yang dihadapi oleh semua bangsa di dunia ini. Penempatan TKI, katanya, merupakan salah satu solusi dalam mengatasi masalah tersebut karena  penempatan satu orang TKI berarti maka hilang satu angka pengangguran.
 
Satu TKI itu, katanya,  menghidupi lima anggota keluarganya sehingga lima orang teratasi dari kemiskinan.
 
Dia menegaskan bahwa pemerintah berkomitmen untuk memartabatkan dan memuliakan TKI melalui UU Nomor 39 Tahun 2004 tentang Penempatan dan Perlindungan TKI. Bentuk perlindungan terhadap TKI tersebut, BNP2TKI memberikan layanan call center 08001000 secara gratis dan 24 jam untuk melayani pengaduan.
 
“Keluarga di rumah juga dapat mengetahui secara langsung perkembangan permasalahan yang dihadapi TKI di luar negeri.”
 
Masalah-masalah yang diadukan TKI di call center seperti masalah gaji yang belum dibayar, putus komunikasi, perkembangan proses hukum, asuransi dan lainnya. Beberapa permasalahan langsung bisa diselesaikan, namun sebagaian lagi masih menunggu proses seperti proses hukum. (ln)
 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Choriul Anam

Editor : Annisa Sulistyo Rini

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top