Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Terminal 3 mulai hari ini layani penerbangan internasional

JAKARTA: Di hari pertama Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta resmi melayani penerbangan internasional sejak Kamis 17 November pagi, baru AirAsia Indonesia yang memanfaatkannya. Nantinya, tiga perusahaan penerbangan telah menyatakan keinginannya untuk beroperasi
nonaktive - Arif Gunawan Sulistyono
nonaktive - Arif Gunawan Sulistyono - Bisnis.com 17 November 2011  |  12:25 WIB

JAKARTA: Di hari pertama Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta resmi melayani penerbangan internasional sejak Kamis 17 November pagi, baru AirAsia Indonesia yang memanfaatkannya. Nantinya, tiga perusahaan penerbangan telah menyatakan keinginannya untuk beroperasi di terminal ini. 

 
Corporate Secretary PT Angkasa Pura II Hari Cahyono mengatakan terhitung mulai pukul 00.00 WIB pada 17 November 2011, Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta juga melayani penerbangan internasional yang sebelumnya hanya melayani penerbangan domestik. 
 
“Pemberlakuan ketentuan ini berdasarkan persetujuan dari Direktur Jenderal Perhubungan Udara nomor AU/12632/DBU2361/XI/2011 tanggal 10 November 2011,” kata Hari di Jakarta siang ini.
 
Sebelum persetujuan pengoperasian dikantongi Angkasa Pura II, lanjutnya, beberapa tahap kegiatan telah dilakukan mulai dari konstruksi, rekonstruksi, dan verifikasi dimana bertujuan untuk mengetahui level of service atau tingkat pelayanan di Terminal 3, untuk penerbangan domestik dan internasional.
 
Proses verifikasi dilakukan pada 2 November 2011 oleh Direktorat Angkutan Udara, Direktorat Bandar Udara, Direktorat Keamanan Penerbangan, Kementerian Perhubungan dan Otoritas Bandara Wilayah I Bandara Soekarno Hatta.
 
Dia menambahkan pada saat ini hanya AirAsia dengan 18 penerbangan internasional dan 8 penerbangan domestik per hari yang siap melayani penumpangnya di Terminal 3. Ke depannya, sudah ada tiga perusahaan penerbangan yang telah menyatakan keinginannya untuk beroperasi di Terminal 3.
 
“Kami pun menyambut baik perihal keinginan tiga perusahaan penerbangan yakni Wings Air, Mandala Airlines dan Royal Pacific,” tuturnya.
 
Dengan berpindahnya penerbangan internasional Air Asia dari Terminal 2D ke Terminal 3, lanjut Hari, beban Terminal 2 berkurang dan diharapkan dapat lebih memberikan kenyamanan kepada penumpang di terminal tersebut. 
 
Dia menjelaskan Terminal 3 yang mempunyai kapasitas 4 juta penumpang per tahun dan tingkat okupansi sekitar 820.000 penumpang per tahun, masih mampu menerima tambahan penumpang internasional Air Asia yang rata-rata 4.215 orang per hari atau 3 juta per tahun.
 
“Kami pun telah menyiapkan shuttle bus antarterminal untuk mengantar penumpang dari dan ke terminal 3 mulai jam 4 pagi dan petugas kami siap memberikan informasi tentang penggunaan Terminal 3 sebagai bandara domestik dan internasional,” tuturnya. (ln)
 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Annisa Sulistyo Rini

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top