Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

UKM Indonesia menapak pasar Asean

 
Muhammad Sarwani
Muhammad Sarwani - Bisnis.com 17 November 2011  |  19:51 WIB

 

JAKARTA: Pemerintah menjadikan Asean Women Cooperative and SME’s Expo 2011 di Jakarta Convention Center sebagai momentum meningkatkan kerja sama ekonomi yang lebih luas di kawasan Asia Tenggara.
 
Neddy Rafinaldy, Deputi Bidang Pemasaran dan Jaringan Usaha Kementerian Koperasi dan UKM, mengatakan itu sebabnya tema yang diangkat dalam pameran melibatkan 8 negara Asia Tenggara ini Empowering Women in Innovation and Creativity.
 
"Melalui pameran ini akan memperkuat karakter dan identitas produk-produk usaha kecil menengah (UKM) Indonesia maupun anggota Negara Asia Tenggara lainnya," ujarnyasaat membuka resmi pameran tersebut hari ini.
 
Khususnya produk-produk yang dihasilkan kaum perempuan pelaku UKM Asean untuk bisa bersaing di pasar global.Intinya, pameran ini adalah bagian dari program menuju Asean Community 2011.
 
Sejumlah 81 peserta dari 344 anjungan yang disediakan, adalah pelaku koperasi dan usaha kecil menengah (KUKM) Asia Tenggara, seperti Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Filipina, Thailand, Myanmar, dan Kamboja.
 
Adapun produk yang ditampilan peserta asing sangat variatif, mulai dari produk kerajinan tangan, produk herbal, produk garmen maupun produk perlengkapan hingga asesoris rumah tangga.
 
Menurut Neddy, seluruh pelaku KUKM Asean sepakat membangun sinergitas melalui silaturahmi seperti kegiatan pameran. Sinergitas telah terjalin, akan tetapi  disep0ekatai untuk lebih memperkuat menuju Asean Community 2015. (sut)
 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top