Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Satu lagi penghargaan untuk Kospin Jasa

JAKARTA: Satu lagi penghargaan diberikan kepada Koperasi Simpan dan Jasa Pekalongan. Kali ini, penghargaan datang dari KSP dan KJK Award 2011 yang digelar Kementerian Koperasi dan UKM hari ini.Predikat itu dianugerahkan setelah Kospin Jasa menyabet dua

JAKARTA: Satu lagi penghargaan diberikan kepada Koperasi Simpan dan Jasa Pekalongan. Kali ini, penghargaan datang dari KSP dan KJK Award 2011 yang digelar Kementerian Koperasi dan UKM hari ini.Predikat itu dianugerahkan setelah Kospin Jasa menyabet dua kategori dari 10 kategori pemilihan, yakni paling luas jangkauan pelayanan serta paling baik sistem informasi laporan keuangan.Kospin Jasa yang didirikan di Pekalongan sejak 1973 kini adalah koperasi terbesar di Indonesia, dan sudah masuk dalam 300 besar koperasi dunia. Puluhan penghargaan telah diraih koperasi ini.Sementara itu, KSP Nasari Semarang memenangkan kategori paling cepat pertumbuhan asetnya serta memiliki struktur organisasi usaha paling dinamis sesuai dengan fungsi sebagai lembaga intermediasi.Penghargaan sebagai koperasi favorit diberikan kepada Koperasi Sejahtera Bersama Bogor. Penghargaan khusus bagi koperasi ini yang dinilai berhasil mengembangkan usaha yang saling terkait dan mendukung.Penghargaan diserahkan Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM, Pariaman Sinaga yang bertanggungjawab terhadap acara penghargaan yang dilaksanakan di Gedung SME Tower, Jakarta Selatan.Enam kategori lain yang dianugerahkan kepada Koperasi Simpan Pinjam dan Koperasi Jasa Keuangan (KSP/KJK), masing-masing KSP Artha Mulia Semarang. KSP ini memenangkan kategori paling tertib melakukan pencatatan keanggotaan.Kategori paling besar pemupukan modal sendiri dimenangkan Koperasi Kredit Pancur Kasih dari Kalimantan Barat.Kategori paling reponsif terhadap perubahan lingkungan strategis dimenangkan Koperasi Kredit Obor Mas dari Nusa Tenggara Timur.KSP yang memiliki rasio keuangan terbaik direbut Surya Kencana dari Jakarta. Kategori penumbuhan keanggotaan paling cepat dimenangkan KSP Balota, Sulawesi Selatan. Untuk kategori pelayanan pinjaman ke sektor produktif diraih KSP Kodanua, Jakarta.Jumlah KSP/KJK yang diseleksi mengikuti pemilihan ini sekitar 32o unit. Sedangkan jumlah KSP/KJK di Indonesia saat ini mencapai 71.365 unit, dan jumlah ini merupakan bagian dari 186.907 unit koperasi secara keseluruhan. otal pemberian pembiayaan yang dilakukan oleh KSP/KJK mencapai Rp9,5 triliun.”Kegiatan atau pemberian penghargaan kepada KSP/KJK diharapkan mampu memotivasi kemajuan gerakan koperasi Indonesia, khususnya untuk simpan pinjam. Terutama untuk meningkatkan kualitas dan kompetensinya,” ujar Pariaman Sinaga.Agenda ini diharapkan mampu memicu kiprah koperasi dalam pembangunan ekonomi nasional sekaligus meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan rakyat yang berdampak pada peningkatan daya saingnya di tataran nasional. (Bsi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper