Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

RI incar pasar ekspor Timteng, Afrika & Amerika Latin

 
- Bisnis.com 09 November 2011  |  19:38 WIB

 

JAKARTA: Pemerintah mengoptimalkan peluang pasar ekspor ke Timur Tengah, Afrika, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan untuk mengurangi dampak pelemahan permintaan ekspor ke Amerika Serikat dan Eropa sebagai akibat dari krisis ekonomi yang melanda kedua tempat tersebut.
 
Mendag Gita Wirjawan mengatakan pemerintah memang belum merasakan dampak penurunan ekspor ke AS dan Eropa disebabkan krisis saat ini.
 
Akan tetapi, lanjutnya, pemerintah menyadari perlu melakukan antisipasi agar tidak menjadi ancaman nyata bagi perekonomian nasional di masa mendatang begitu krisis ekonomi itu mulai memberikan dampak langsung pada kinerja ekspor.
 
"Belum ada dampak. Tahun ini saya rasa [ekspor] akan tercapai US$200 miliar. Tapi, Saya rasa pemerintah bisa menggarap pasar Timur Tengah, Afrika, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan," katanya di Istana Presiden, hari ini.
 
Dia sependapat dengan Direktur Pelaksana Bank Dunia Sri Mulyani yang menyatakan perdagangan dunia terancam mengalami pelemahan oleh krisis di AS dan Eropa.
 
Untuk itu, lanjut mantan Kepala BKPM itu, pemerintah berusaha melakukan perumusan-perumusan baru atas kebijakan yang akan ditempuh untuk mengantisipasi dampak pelemahan  yang bisa saja ikut menimpa Indonesia. (sut)
 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top