Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Biak Numfor minta penerbangan tambahan

BIAK: Pemerintah Kabupaten Biak Numfor minta agar maskapai penerbangan Garuda Indonesia menambah rute penerbangan ke kota Biak.Yusuf Melianus Maryen, Bupati Biak Numfor, mengatakan saat ini sudah ada beberapa penerbangan Garuda ke Biak dan kota lain

BIAK: Pemerintah Kabupaten Biak Numfor minta agar maskapai penerbangan Garuda Indonesia menambah rute penerbangan ke kota Biak.Yusuf Melianus Maryen, Bupati Biak Numfor, mengatakan saat ini sudah ada beberapa penerbangan Garuda ke Biak dan kota lain di Pulau Papua.Rute itu, misalnya Jakarta-Denpasar-Makassar-Timika-Jayapura dan Jakarta-Makassar-Biak-Jayapura."Kami harapkan ada rute Manado-Biak-Timika-Biak-Manado, tanpa lewat Jayapura," ujarnya ketika menyambut rombongan Garuda yang mengambil pesawat Boeing 737 ke-123 dari Seattle, AS, Kamis siang. Rombongan tersebut singgah di Biak sekitar 1 jam, lalu melanjutkan perjalanan ke Jakarta.Yusuf mengatakan penerbangan tambahan dengan rute baru itu penting untuk menumbuhkan pariwisata dan perekonomian Biak Numfor. "Kalau ada rute langsung dari Timika maka pekerja Freeport yang ingin berwisata ke sini lebih mudah," tambahnya.Menurut Yusuf, pantai Biak ideal untuk berwisata karena bersih, asli, dan bebas polusi. Dia menegaskan Biak juga memiliki berbagai fasilitas yang tidak dipunyai tempat lain di sekitarnya seperti fasilitas pabean, imigrasi, serta dukungan infrastruktur.Dari sisi keamanan, Biak juga unggul karena TNI baik angkatan darat, angkatan laut, maupun angkatan udara memiliki markas di sana.Yusuf mengatakan Kabupaten Biak Numfor yang berada di Teluk Cenderawasih segera dimekarkan menjadi dua kabupaten yaitu Kabupaten Biak dan Kabupaten Numfor. Di sisi lain, wilayah Teluk Cenderawasih juga diharapkan untuk mekar menjadi provinsi tersendiri dengan nama Provinsi Merah Putih.Dirut Garuda Indonesia Emirsyah Satar mengatakan pihaknya mengkaji kemungkinan penambahan rute seperti yang diusulkan Bupati Biak Numfor.Bila memang dinilai potensial maka rute tersebut akan ditambahkan. "Tapi tidak dalam waktu dekat," ujarnya.Penambahan rute itu akan disinkronkan dengan rencana Garuda memperkuat armada pesawat dengan jumlah seat kurang dari 100. (faa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Dara Aziliya

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper