Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sensus pajak jadi momentum perbaiki relasi pelaku usaha dengan pemerintah

JAKARTA: Sensus pajak menjadi momen untuk memperbaiki relasi antara pelaku usaha dan pemerintah. Ketua Umum Apindo Sofjan Wanandi menuturkan selama ini hubungan antara pelaku usaha dan pemerintah kurang baik.Hal ini tecermin dari masih rendahnya jumlah

JAKARTA: Sensus pajak menjadi momen untuk memperbaiki relasi antara pelaku usaha dan pemerintah. Ketua Umum Apindo Sofjan Wanandi menuturkan selama ini hubungan antara pelaku usaha dan pemerintah kurang baik.Hal ini tecermin dari masih rendahnya jumlah badan usaha yang membayar pajak. “Dengan sensus pajak ini pengusaha dan pemerintah membuka lembaran baru, dan kepercayaan kepada pemerintah kami mulai dari sekarang. Pelaku usaha sudah waktunya untuk mulai percaya kepada pemerintah,” ujarnya hari ini.Menurut Sofjan, pihaknya akan mendorong berbagai badan usaha untuk membayar pajak agar penerimaan negara bisa maksimal. Apindo juga mempersilakan pemerintah menaikkan pajak, namun dilakukan secara bertahap.“Saat ini yang menjadi perhatian kami adalah mendorong usaha kecil dan mikro masuk dalam sistem pajak. Namun bagi pelaku usaha tersebut kami mengusulkan agar pajak yang dikenakan sebesar 1% dari total omzet,” lanjut Sofjan.Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengakui bahwa selama ini kepercayaan terhadap pemerintah rendah. Hal ini terbukti dari rendahnya kesadaran membayar pajak.Dia berharap dengan dilaksanakan sensus pajak, wajib pajak mulai menaruh kepercayaan kepada pemerintah. “Diharapkan akan terjadi kenaikan jumlah pembayar pajak, baik yang orang pribadi maupun yang wajib pajak badan,” kata Agus.(mmh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis :

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper