Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sungai Musi jadi kawasan minapolitan tangkap

 
News Editor
News Editor - Bisnis.com 22 September 2011  |  10:23 WIB

 

JAKARTA: Perairan Sungai Musi di Musi Banyuasin, Sumsel dicanangkan sebagai kawasan minapolitan perikanan tangkap khususnya untuk jenis ikan patin. 
 
Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad meresmikan pencanangan minapolitan perikanan tangkap itu melanjutkan program serupa yang telah dilaksanakan di Pelabuhanratu, Belawan, dan Tual.
 
"Melalui Sungai Musi saya berharap produksi patin nasional dapat meningkat melebihi Vietnam yang saat ini mencapai 1 juta ton setiap tahunnya, padahal kegiatan penangkapan patin Vietnam hanya dilakukan di satu sungai yaitu Sungai Mekong," jelas Fadel, dikutip keterangan pers kementerian pagi ini.
 
Dia menambahkan bukan tidak mungkin Indonesia dapat melebihi produksi patin  Vietnam mengingat banyaknya perairan umum di Tanah Air. 
 
Di dampingi Gubernur Sumsel Alex Nurdin, Fadel menyatakan program minapolitan perairan umum di Sungai Musi diharapkan meningkatkan konsumsi ikan di provinsi Sumsel sekitar 65% menjadi 41 kg per kapita per tahun dibandingkan dengan rata-rata pada 2010 yang hanya mencapai 26,42 kg per kapita per tahun. 
 
"Ini artinya masih lebih rendah dari rata-rata konsumsi ikan nasional yang saat ini sekitar 30 kg per kapita per tahun, padahal produksi perikanan Sumsel cukup besar dibanding provinsi lain yakni mencapai sekitar 296.000 ton pada tahun lalu," ujar Fadel.
 
Untuk memenuhi harapan tersebut 2011, KKP mengalokasikan anggaran pembangunan kelautan dan perikanan bagi Sumsel sebesar Rp50,7 miliar yang berasal dari dana dekonsentrasi, tugas pembantuan, dana alokasi khusus, serta pengembangan usaha pedesaan.
 
Selain mencanangkan kawasan minapolitan, Fadel juga memberikan bantuan kepada para nelayan dan masyarakat perikanan berupa sarana dan prasarana kelautan dan perikanan, seperti kapal perikanan, pengadaan motor tempel, kotak pendingin, mesin pakan, peralatan pengolah ikan, serta pembangunan pasar ikan. (arh)
 
 
 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Aprika R. Hernanda

Editor : Annisa Lestari Ciptaningtyas

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper

BisnisRegional

To top