Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Astra pertahankan dominasi pasar otomotif

JAKARTA: PT Astra International Tbk mempertahankan dominasinya dalam penguasaan pangsa pasar kendaraan roda empat dan dua di pasar domestik sepanjang Januari – Agustus 2011.Dari total penjualan kendaraan roda empat hingga Agustus sebesar 580.022

JAKARTA: PT Astra International Tbk mempertahankan dominasinya dalam penguasaan pangsa pasar kendaraan roda empat dan dua di pasar domestik sepanjang Januari – Agustus 2011.Dari total penjualan kendaraan roda empat hingga Agustus sebesar 580.022 unit, penjualan otomotif di bawah Astra Group mencapai 316.022 unit atau menguasai 54% dari total penjualan roda empat di dalam negeri.Jika dibandingkan dengan penjualan pada periode yang sama 2010, Astra Group tetap mempertahankan dominasinya dengan pangsa pasar 54% atau setara dengan 284.267 unit. Pada periode saat itu, total penjualan otomotif nasional mencapai 507.093 unit.Khusus penjualan mobil pada Agustus, Astra Group membukukan volume sebesar 39.259 unit atau naik 12,8% dibandingkan dengan penjualan pada bulan yang sama 2010 sebesar 34.804 unit.Hingga kini, Astra International menjadi agen tunggal pemegang merek (ATPM) untuk Daihatsu (PT Astra Daihatsu Motor), Isuzu (PT Isuzu Astra Motor Indonesia), UD Trucks (PT Astra Multi Trucks Indonesia), Toyota (Toyota Astra Motor), Peugeot (PT Astra International Peugeot).Sementara itu, akumulasi penjualan mobil di luar Astra Group pada periode tersebut seperti Honda, Mitsubishi, Suzuki dan merek lainnya mencapai 264.000 unit, atau 46% dari total penjualan mobil di dalam negeri.Untuk penjualan sepeda motor, PT Astra Honda Motor (AHM), ATPM Honda, mendominasi penjualan pada 8 bulan pertama 2011 sebanyak 2,8 juta unit. Dengan penjualan sebesar itu, Astra mulai mendominasi pangsa pasar motor sebesar 51% dari total penjualan pada periode tersebut sebesar 5,47 juta unit.Pada periode yang sama tahun lalu, pangsa pasar sepeda motor Astra Group yang diwakili AHM, baru menguasai 48%. Hingga akhir 2010, pangsa pasar AHM mencapai 46% dengan total penjualan sebanyak 3,42 juta unit.General Manager Public Relation PT Astra International Tbk Yulian Warman optimistis penjualan motor Honda hingga akhir tahun ini bisa mencapai 4,1 juta unit atau meningkat 19,88% dibandingkan dengan penjualan pada 2010 seiring dengan peningkatan daya beli konsumen di dalam negeri.Dengan target sebesar itu, AHM diharapkan bisa menguasai pangsa pasar sepeda motor 50% dari total target nasional sebesar 8,2 juta unit pada tahun ini.“Dampak resesi global ke Indonesia tampaknya mulai berkurang. Kami harap ini akan berdampak pada peningkatan penjualan Honda. Secara konsisten, penjualan Honda setiap bulan stabil dan sedikit menurun tapi hanya pada Maret,” katanya hari ini.Untuk mencapai target tersebut, lanjutnya, AHM tetap akan mengoptimalkan penjualan motor skutik yang selama ini menjadi primadona konsumen di dalam negeri. “Kami melihat perkembangan penjualan skutik terus meningkat. Hingga Agustus 2011, pangsa pasar skutik mencapai 55% dari total penjualan Honda sedangkan bebek 45%,” katanya. (bsi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Heri Faisal

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper