Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

 

JAKARTA: Di tengah penurunan penjualan kendaraan roda empat pada Agustus sebesar 17,7%, pasar mobil mewah pada bulan tersebut ternyata tak terpengaruh, bahkan cenderung terus bertumbuh. 
 
Data yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyebutkan beberapa agen tunggal pemegang merek (ATPM) mencatat penjualan mobil mewah sangat signifikan pada Agustus. Dengan demikian, pelan tapi pasti, pangsa pasar mobil di segmen premium tersebut berpotensi ikut meluas. 
 
Sejauh ini, Gaikindo masih menggolongkan mobil mewah pada kategori segmen kendaraan dengan harga di atas Rp450 juta, yang dimulai dari kelas medium segment bersilinder 2.000 cc ke atas. Mobil mewah biasanya juga dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan dan kenyamanan dalam performa yang paling maju dan eksklusif. 
 
Ketua Gaikindo Johny Darmawan mengatakan peningkatan penjualan mobil mewah pada Agustus membuktikan upaya brand image ATPM pada segmen premium ini berhasil dan sejalan dengan laju pertumbuhan ekonomi yang meningkatkan daya beli.
 
“Tak heran kalau penjualannya ikut tumbuh meski pada minggu-minggu terakhir Agustus ada libur Lebaran,” katanya kepada Bisnis pekan ini.
 
Menurut data tersebut, penjualan mobil mewah segmen medium (Rp450 juta–Rp800 juta) pada Agustus tumbuh 18,8% dibandingkan dengan penjualan pada Juli dari 484 unit menjadi 572 unit. 
 
Penjualan mobil mewah untuk segmen atas pada subkelas lebih rendah (high segment lower) dengan rentang harga Rp800 juta–Rp1,5 miliar) juga tumbuh 3,33% dari 150 unit pada Juli menjadi 155 unit pada Agustus. 
 
Sementara itu, penjualan mobil mewah pada segmen atas subkelas teratas (high segment upper) dengan harga di atas Rp1,5 miliar melonjak hingga 28,74% pada Agustus dari 87 unit pada Juli menjadi 112 unit. (ln)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Heri Faisal

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper