Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Koperasi belum jadi pilar ekonomi nasional

 
Muhammad Sarwani
Muhammad Sarwani - Bisnis.com 19 Agustus 2011  |  18:22 WIB

 

JAKARTA: Masyarakat Koperasi Indonesia menilai sebagian besar anggota koperasi Indonesia masih kekurangan dibandingkan dengan negara-negara lain yang perkembangannya setara dengan Indonesia.
 
Avi Taufik Hidayat, Sekretaris Jenderal Masyarakat Koperasi Indonesia (MKI), mengatakan kedudukan Indonesia dalam konteks perekonomian bangsa-bangsa dunia bahkan cenderung semakin terpinggirkan.
 
"Ekonomi Indonesia berada pada posisi ke-16 dunia dari 182 negara. Dengan jumlah penduduknya hampir mencapai 240 juta, akan tetapi pendapatan per kapita penduduknya menempati posisi 157 dunia," ujarnya kepada Bisnis hari ini.
 
Menurut dia, setelah MKI mencermati ke lapangan, kondisi riil yang dicita-citakan melaluui koperasi, terutama para pendiri yang menjadikan koperasi sebagai salah satu gerakan mensejahterakan rakyat, ternyata tidak berdaya di tengah gemuruhnya konglomerasi dan oligarki ekonomi.
 
Peranan koperasi yang diharapkan menjadi soko guru perekonomian semakin tercecer di belakang. Nilai kejujuran dan kerja sama yang menjadi fondasi perkembangan ekonomi rakyat, yakni koperasi, semakin tergerus oleh konsumerisme.
 
"Hal ini memperkuat kami bahwa perkoperasian nasional harus segera ditata kembali. Baik dari segi perundang-undangan, regulasi maupun infrastruktur serta faktor-faktor penunjang lainnya," tukas Avi.
 
Untuk itu, MKI telah menetapkan sedikitnya enam program kerja yang diusung untuk melakukan perbaikan. Di antaranya, melakukan sosialiasi terhadap permasalahan yang dihadapi oleh koperasi pada umumnya.
 
Kemudian menyelenggarakan diskusi bulanan untuk membahas berbagai isu ekonomi yang terkait dengan kegiatan koperasi. Khususnya yang terkait demean penataan kelembagaan, termasuk pendidikan terhdap para kader-kader koperasi.
 
Selanjutnya melaksanakan pertemuan tahunan untuk mengevaluasi kinerja serta program kerja ke depan. Mencakup organ-organ organisasi koperasi yang berada di bawah MKI seperti Koperasi Mataholang, Center for Microfinance Studies  dan Development (CMSD).
 
"Kami juga menyelenggarakan konfrensi internasional tentang koperasi sejalan dengan yang dicanangkan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) bahwa 2012 adalah hari koperasi internasional," lanjut Avi. (sut)
 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top