Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Presiden China Xi Jinping Datang ke KTT Asean Ke-43? Ini Bocorannya

Presiden China Xi Jinping dikabarkan akan turut hadir dalam perhelatan KTT Asean ke-43. Benarkah hal tersebut?
Presiden China Xi Jinping/ Bloomberg.
Presiden China Xi Jinping/ Bloomberg.

Bisnis.com, JAKARTA – Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Rakyat China (RRC) Djauhari Oratmangun mengaku bahwa pemerintahan Republik Rakyat China (RRC) masih dalam pertimbangan terkait kehadiran Presiden Xi Jinping ke agenda Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asean Ke-43 di Jakarta.

Hal ini disampaikannya usai melakukan pertemuan dengan Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin di Istana Wapres, Rabu (23/8/2023).

Dia menyebut bahwa meskipun secara lazim Kepala Pemerintahan dari China biasanya menghadiri agenda KTT Asean, tetapi saat ini dirinya belum dapat memastikan sosok yang akan menghadiri agenda yang terlaksana pada 5—7 September 2023 itu.

“Tentunya China mempertimbangkan hubungan baik antara kedua negara, pasti diharapkan kepala pemerintahan dari china akan hadir, biasanya perdana menteri akan hadir, karena G20 Presiden Xi Jinping sudah hadir. Jadi saya kira masih dalam proses pembahasan antarkedua Negara,” tuturnya saat ditemui di Istana Wapres

Untuk diketahui, KTT Asean Ke-43 akan digelar 5-7 September 2023 dalam format plenary maupun retreat yang dimulai pada 5 September 2023.

Selain itu, akan dilaksanakan KTT antara negara Asean dengan negara-negara mitra yang akan dihadiri oleh 27 pemimpin negara, pada 6 September 2023. Termasuk pemimpin negara peserta EAS, pemimpin Pacific Island Forum (PIF), pemimpin Indian Ocean Rim Association (IORA), serta Direktur Eksekutif Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia.

Bahkan, di sela-sela rangkaian KTT juga akan diadakan pertemuan bilateral di antara para pemimpin yang hadir. Selanjutnya, digelar East Asia Summit (EAS) dan Asean Plus Three Summit pada 7 September 2023. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper